Kobe Bryant Day telah tiba, dan saat Los Angeles menghormati kehidupan salah satu ikon terhebatnya, suasana dipenuhi dengan campuran nostalgia, kekaguman, dan rasa hormat yang mendalam. Bryant, yang pengaruhnya terhadap kota ini melampaui bola basket, seharusnya merayakan ulang tahun ke-46 pada tanggal 23 Agustus. Sementara, keesokan harinya, 24 Agustus, secara resmi dikenal sebagai "Kobe Bryant Day" atau "Mamba Day". 

Setelah mendiang Kobe Bryant pensiun dari basket pada tahun 2016, mantan Walikota Los Angeles Eric Garcetti secara resmi menetapkan tanggal 24 Agustus sebagai Kobe Bryant Day. Hari itu merupakan penghormatan kepada dua nomor kaus Bryant yang ia kenakan selama 20 tahun kariernya bersama Los Angeles Lakers. Bryant memenangkan lima gelar juara NBA untuk tim ungu dan emas, dan diakui atas bakatnya di lapangan. 

Pada tahun 2020, setelah Bryant dan putrinya, Gianna, beserta tujuh penumpang lainnya, meninggal secara tragis dalam kecelakaan helikopter, Dewan Pengawas Orange County dengan suara bulat memutuskan untuk mendeklarasikan tanggal 24 Agustus secara resmi sebagai "Kobe Bryant Day". Pada tahun yang sama, Nike meluncurkan "Mamba Week," yang mencakup acara dan program untuk menghormati Bryant, serta Mamba dan Mambacita Foundation.

Di antara perayaan yang paling menonjol tahun ini adalah Mamba League Invitational ke-2, di mana para pemain sekolah menengah paling elit di negara itu akan saling berhadapan. Turnamen basket putra dan putri, yang dibuat oleh Nike, berlanjut hingga hari Sabtu di LA Live, di seberang rumah yang dibangun Kobe. 

"Ikon-ikon masa depan akan menghormati warisan Black Mamba dengan cara yang paling tepat, melalui kompetisi dan pengejaran yang tiada henti untuk perbaikan," kata Nike. 

Pertandingan dimulai pada pukul 3 sore hari Sabtu, dan tiket masuk dan tempat duduk diberikan kepada siapa pun yang datang lebih dulu. Pertandingan final dijadwalkan pada pukul 8:24 malam. 

"Mamba Week" tahun ini menghadirkan perayaan akhir pekan yang diawali dengan peluncuran koleksi "LA Royal" oleh Mamba & Mambacita Sports Foundation, yang dipimpin oleh Vanessa Bryant. Lini barang dagangan ini, yang dibalut dengan warna ungu dan emas yang khas, lebih dari sekadar pakaian. Ini adalah bagian dari hati Kobe yang diberikan kembali kepada kota yang dicintainya. Dari kaus hingga celana pendek, setiap barang merupakan pengingat akan dedikasinya yang tak tergoyahkan kepada Los Angeles, kota yang kini menjadikan kenangannya sebagai lambang kehormatan. 

Stadion Dodger turut memeriahkan perayaan di seluruh kota dengan rangkaian pertandingan akhir pekan melawan Tampa Bay Rays, yang dimulai pada Jumat, 23 Agustus. Pertandingan ini tidak hanya membangkitkan kembali kenangan Seri Dunia 2020, tetapi juga menyatukan warisan Lakers dan Dodgers. Jumat malam akan dimeriahkan dengan pertunjukan drone bertema Lakers yang menerangi langit sebagai penghormatan kepada Kobe dan juara NBA 2020.

Pertandingan hari Sabtu akan menjadi ajang Showtime, dengan 40.000 penggemar pertama yang akan menerima kaus Lakers Showtime khusus. Kaus tersebut, yang menampilkan legenda seperti Magic Johnson dan Kareem Abdul-Jabbar, merupakan penghormatan kepada era yang mendefinisikan bola basket dan pengingat akan posisi Kobe dalam garis keturunan yang terkenal itu. 

Carlos Herrera dari KTLA 5 berbicara kepada seorang wanita yang melakukan perjalanan dari Bay Area untuk menghormati Kobe dengan mengunjungi patung tersebut, menghadiri turnamen dan kemudian pergi ke Chavez Ravine untuk pertandingan Dodger pada hari Sabtu dan Minggu. Dia mengatakan bahwa dia bukan penggemar Lakers, tetapi penggemar Kobe.

"Kobe menginspirasi saya untuk terus menjadi diri sendiri dan tidak pernah menyerah," kata Liy Pinckney. "Saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalani hidup…caranya mendukung olahraga wanita benar-benar memberi warna bagi banyak orang…itu adalah sesuatu yang hebat untuk permainan dan wanita, terutama (dengan dia) sebagai ayah dari anak perempuan."

Bianglala Pacific Park di Dermaga Santa Monica akan diterangi pada hari Rabu dengan lampu No. 8 dan 24 serta warna ungu dan emas dari Lakers. Pertunjukan cahaya akan menampilkan pola dan transisi yang identik dengan Lakers.

Dari Mamba League hingga Dodger Stadium, berbagai peristiwa akhir pekan ini menjadi pengingat kuat bahwa warisan Kobe Bryant tidak hanya terbatas pada masa lalu. Warisan itu tetap hidup di setiap sudut Los Angeles, dalam diri setiap calon atlet, dan di hati para penggemar yang terus terinspirasi oleh hidupnya. (*)

Foto: Nike.com

Komentar