Olimpiade Paris 2024 menjadi salah satu tontonan yang paling menarik dalam sejarah bola basket. Pertandingan event empat tahunan itu akan diabadikan dalam bentuk serial dokumenter. Netflix telah memberi bocoran.

Pada Jumat (23/8) waktu setempat, Netflix mengunggah foto lima jersey peserta Olimpiade Paris 2024. Jersey tersebut milik Nikola Jokic (Serbia), LeBron James (AS), Victor Wembanyama (Prancis), Dennis Schroder (Jerman), dan Shai Gilgeous-Alexander (Kanada).

Secara resmi, Netflix mengumumkan bahwa mereka membuat serial dokumenter tentang pertarungan Olimpiade Paris 2024. “Saksikan kembali perjalanan di balik kemenangan Olimpiade. Akan hadir di Netflix pada tahun 2025.”

Serial dokumenter itu akan berfokus pada tim 5 on 5 putra. Serial tersebut akan menyuguhkan perjalanan 12 tim yang bertarung di Olimpiade Paris 2024. Termasuk sengitnya babak perempat final hingga perebutan medali emas.

Proyek tersebut merupakan hasil kerja sama unik Netflix dengan International Olympic Committee (IOC). Mereka memberikan akses kepada Netflix untuk menayangkan bagian-bagian yang belum dipublikasikan.

Serial Dokumenter tersebut diproduseri oleh Words & Pictures, Olympic Channel, dan Higher Ground Productions. Ada enam episode yang akan ditayangkan. Mencangkup babak kualifikasi, persiapan, hingga momen setelah final.

Selain Amerika Serikat sebagai pemenang dan Lebron James dan Stephen Curry sebagai bintang, tim-tim dengan catatan menakjubkan juga mendapat porsi cukup besar. Seperti Sudan Selatan, Jepang, Serbia, Kanada, dan Prancis.

AS berhasil mempertahankan medali emas kelima secara beruntun. Mereka menumbangkan Prancis di final yang berlangsung di Bercy Arena, Paris. Serbia meraih perunggu usai menekuk juara dunia 2023, Jerman.

Adanya serial dokumenter Olimpiade Paris 2024 ini akan menambah tren dokumenter olahraga. Tayangan tersebut memang banyak disukai. Dalam bola basket, dokumenter serupa adalah Redeem Team.  (rag)

Foto: Getty Images, Netflix

Komentar