Damian Lillard sadar ia sudah tidak lagi muda. Tapi ia ingin tetap dalam performa terbaiknya. Salah satu investasi yang dilakukan adalah dengan latihan yang berkualitas. Lillard tampak menjalani sesi latihan dengan David Goggins.

Goggins bukan sembarang nama. Ia mantan Angkatan Laut Amerika Serikat. Kini Goggins beralih sebagai atlet ultramarathon, pelatih, dan motivator olahraga. Goggins juga menjadi pemegang rekor dunia pull up 4030 kali dalam waktu 24 jam.

Dalam jeda musim, Lillard membagikan momen latihannya dengan Goggins. Mereka tampak menjalani sesi latihan di sebuah tempat kebugaran. “Jika kamu selalu melakukan apa yang kamu lakukan, kamu akan selalu berada di tempat yang selalu kami tempati. Salam hormat untuk David Goggins,” tulis Lillard.

Pada 15 Juli lalu, Lillard genap berusia 34 tahun. Ia akan memasuki musim ke-13 pada NBA 2024-2025. Itu juga menjadi musim keduanya bersama Milwaukee Bucks. Sisanya Lillard lalui dengan Portland Trail Blazers.

Lillard ingin terus menjaga kebugarannya. Apalagi ia masih belum pernah juara NBA. Dalam 12 musim di NBA, capaian terbaik Lillard adalah Final Wilayah Barat 2019. Tapi Blazers tak berkutik dari Golden State Warriors 4-0.

Dalam wawancara dengan Jim Owczarski dari Milwaukee Journal Sentinel, Lillard pernah mengatakan bahwa ia tidak mau umur membatasi performanya di lapangan.

“Saya bukanlah pemain yang mudah menyerah. Saya menjalani hidup dengan pola makan bersih, baik, dan sehat, jadi saya bisa melakukannya. Saya bisa melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan 2-3 tahun yang lalu. Saya bisa melakukannya sekarang juga,” kata Rookie of the Year 2013 itu.

Penampilannya dalam dua tahun terakhir menurun. Lillard mencatat rata-rata 24,3 poin, 4,4 rebound, dan 7,0 asis pada musim 2023-2024. Ia memiliki akurasi 42,2 persen dan 35,4 persen di luar busur. Bucks terhenti di ronde pertama playoff usai kalah 4-2 dari Indiana Pacers.

Sedangkan pada musim terakhirnya di Portland, Lillard membukukan 32,2 poin, 4,8 rebound, dan 7,3 asis per gim. Raihan itu merupakan capaian tertinggi dalam keriernya. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar