Los Angeles Lakers mengumumkan penambahan baru untuk tim mereka dengan merekrut Dr. Leroy Sims, MD, MSc, CAQSM, FACEP, sebagai Director Of Player Performance & Health. Dalam menjalankan tugasnya, Dr. Sims akan melapor kepada Wakil Presiden Operasional Bola Basket dan Manajer Umum Rob Pelinka. Tugas utamanya adalah mengawasi perawatan medis pemain serta optimalisasi kesehatan dan performa. 

Meskipun nama ini tidak banyak dikenal oleh penggemar, Sims, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Senior, Kepala Operasi Medis di NBA itu sendiri. Dia berperan besar dalam pembuatan "gelembung" di Orlando, tempat Lakers memenangkan gelar mereka pada tahun 2020. Sims juga pernah bekerja sebagai dokter tim untuk USA Track & Field pada Olimpiade 2016 di Brasil, dan bekerja dengan tim Basket AS pada Olimpiade 2020 dan 2024. Ia juga menjabat sebagai direktur medis dan dokter tim Warriors dari tahun 2011 hingga 2014.

Namun, karyanya dengan "gelembung" tersebut adalah hal yang paling dikenal oleh para penggemar NBA. Pada tahun 2021, Sims berbicara kepada Marc Spears dari Andscape dan membahas sejumlah topik, termasuk bagaimana perannya dalam menciptakan "gelembung" tersebut memengaruhi kariernya. Sims tetap bersama liga setelah musim 2020 dan membantu mereka melewati musim-musim berikutnya, termasuk musim 2021-2022 yang penuh dengan penundaan dan pembatalan karena wabah COVID. Ia juga memainkan peran besar dalam peluncuran vaksin dan memberi tahu para pemain dan mereka yang ada di liga tentang vaksin tersebut.

Setelah menjalani musim yang hancur akibat cedera, Lakers jelas merasakan perlunya membuat beberapa perubahan, berharap Dr. Sims akan membantu merombak departemen itu. Mengingat Lakers tidak melakukan perubahan susunan pemain pada offseason ini, mereka mengandalkan peningkatan dari dalam dengan kesehatan yang memegang peranan penting dalam hal itu. Jarred Vanderbilt, Gabe Vincent, dan Rui Hachimura semuanya absen dalam waktu yang lama musim lalu, tetapi seharusnya menjadi kontributor utama bagi LA pada 2024-25 jika mereka dapat bertahan di lapangan.

Lalu, tentu saja, ada LeBron James dan Anthony Davis, yang baru saja melewati musim yang sangat beruntung dalam hal kesehatan, tetapi pernah mengalami masalah mereka sendiri di masa lalu. Dengan keduanya baru saja menyelesaikan Olimpiade bersama Tim AS, dan khususnya James yang memasuki musim NBA ke-22, senang melihat Lakers lebih menekankan untuk menjaga kesehatan mereka.

Dr. Sims mungkin bekerja dengan James dan Davis selama Olimpiade 2024 sehingga mungkin sudah akrab dengan kedua bintang Lakers tersebut. Perekrutan Dr. Leroy Sims menunjukkan bahwa Lakers memahami pentingnya menjaga kesehatan agar dapat lolos ke babak playoff dan bersaing memperebutkan gelar juara. Namun, aspek penting lainnya adalah akuntabilitas, yang baru-baru ini ditekankan Anthony Davis akan menjadi kunci .

"Tujuan akhirnya adalah memenangkan kejuaraan," kata Davis. "Anda tidak bisa melewatkan langkah-langkah. Langkah pertama adalah kami akan meminta pertanggungjawaban para pemain. Kami akan datang bekerja dan jika terjadi kesalahan, kami akan meminta pertanggungjawaban para pemain, dan dari sana, kami akan mencari solusinya." 

Warga asli Chicago ini memperoleh gelar Sarjana Sains dan Magister Sains dalam Ilmu Biologi dari Universitas Stanford, dan gelar Doktor Kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, tempat ia melanjutkan studinya di bidang Kedokteran Olahraga Perawatan Primer. Dr. Sims menyelesaikan residensi Kedokteran Gawat Darurat di Harbor-UCLA Medical Center di Torrance, California. (*)

Foto: Stanford Magazine

Komentar