Pendiri Cleveland Cavaliers Nick Mileti Tutup Usia

| Penulis : 

Nick Mileti, pendiri Cleveland Cavaliers dan mantan pemilik tim MLB kota tersebut, meninggal dunia di usia 93 tahun. Baik Cavaliers maupun Cleveland Guardians mengonfirmasi kematiannya melalui pengumuman di media sosial pada hari Kamis (22/8) waktu Amerika Serikat.

Nick Mileti, turut mendirikan Cleveland Cavaliers dan menjadi tokoh terkemuka dalam dunia olahraga kota itu pada tahun 1970-an. Menurut juru bicara Cleveland Guardians, Mileti meninggal saat tidur pada hari Rabu, waktu Amerika Serikat, di Rocky River, Ohio.

"Cleveland Guardians berduka atas meninggalnya mantan pemilik Nick Mileti," demikian pernyataan tim di X. "Sebagai warga asli Cleveland, Mileti merupakan bagian penting dari dunia olahraga tahun 1970-an. Doa kami untuk keluarga dan teman-temannya."

Putra imigran Sisilia ini muncul sebagai salah satu pemegang kekuasaan sejati di kota tersebut setelah membeli tim hoki liga minor, Cleveland Barons, dan Cleveland Arena pada tahun 1968. Ia menjadi tokoh kunci dalam kelompok pemilik yang mulai membeli atau mendirikan waralaba lain. 

Pada tahun 1970, mereka membawa NBA ke Cleveland dengan menjual saham tim ekspansi Cavaliers seharga AS$5 per saham untuk mengumpulkan AS$2,25 juta, dan menutupi biaya ekspansi sebesar AS$3,7 juta. Pada tahun 1972, Mileti memimpin sekelompok investor yang membeli waralaba bisbol liga utama Cleveland, yang saat itu dikenal sebagai Indians. Kepemilikan diserahkan kepada mitra bisnisnya, Ted Bonda, pada tahun 1975.

"Seorang pelopor sejati di dunia olahraga, Nick bukan sekadar pemimpin; ia adalah seorang pemimpi yang mengubah mimpi itu menjadi kenyataan bagi banyak penggemar di Cleveland," kata Cavaliers dalam sebuah pernyataan. "Nick Mileti mengubah arah sejarah olahraga Cleveland, dan semangat serta komitmennya akan sangat dirindukan."

Ia digantikan sebagai presiden Indians pada tahun 1975 dan, di bawah tekanan dari bank, untuk menjual sahamnya di tim tersebut. Crusaders menghentikan operasinya pada tahun 1976 setelah sebuah tim NHL pindah ke kota tersebut, dan Mileti menjual sahamnya di Cavaliers pada tahun 1980.

Namun akhirnya, Mileti kembali ke bisnis olahraga. Setelah pindah ke California pada tahun 1979 untuk membantu memproduksi dan membiayai drama dan film, ia mendirikan Las Vegas Posse dari Liga Sepak Bola Kanada, memiliki beberapa stasiun radio dan menulis tiga buku. Namun pengaruh Mileti di Cleveland terus berlanjut. Ia diberi penghargaan selama upacara tersebut dengan cincin kejuaraan NBA dari tim juara pertama Cavs pada tahun 2015-2016. (*)

Foto: Cleveland Cavaliers

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Bergabung dengan Big Three, Kevin Durant Optimis Phoenix Suns Bisa Juara
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Kelly Antar Pelita Jaya ke Final (Playoff IBL 2016)
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis