Kendrick Nunn dilaporkan sedang mengajukan permohonan menjadi warga negara Turki. Hal ini agar ia bisa membela tim nasional negara tersebut di event internasional. Nunn terakhir berlaga di event internasional pada 2012 lalu.

Saat itu Nunn membela Amerika Serikat di FIBA U17 Championship. Event pertamanya di FIBA Americas U16 Championship 2011. Sampai sekarang Nunn belum pernah bermain untuk timnas senior.

Kabar naturalisasi Nunn oleh Turki dilaporkan oleh Basketfaul. Ini tidak lepas dari kesuksesan Nunn membawa Panathinaikos juara EuroLeague 2024. Kebetulan pelatih Panathinaikos adalah Ergin Ataman.

Ataman merupakan pelatih timnas Turki dan warga negara Turki. Disisi lain, Ataman menampik kabar naturalisasi Nunn. Ia menyebut bahwa Turki memiliki beberapa kandidat pemain naturalisasi yang lain.

Dalam aturan FIBA, setiap negara hanya diperbolehkan menggunakan satu pemain naturalisasi. Ditambah, pemain terseutk belum pernah ikut Piala Dunia FIBA atau Olimpiade dengan negara lainnya.

Turki telah memiliki Tarik Biberovic dalam rostes terkininya. Biberovic berasal dari Bosnia & Herzegovina. Ia dinaturalisasi oleh Turki pada tahun 2018. Biberovic tampil membela Turki di Kualifikasi EuroBasket 2025 melawan Italia pada Februari lalu.

Tapi Presiden Federasi Bola Basket Turki (TBF) Hidayet Turkoglu akan mengupayakan agar Biborovic terhitung sebagai pemain keturunan (heritage). Sehingga opsi pemain naturalisasi bisa digunakan untuk pemain lainnya.

“Kami perlu menjelaskan ke FIBA karena saudara Tarik yaitu Faruk tidak bermain sebagai pemain naturalisasi. Jika ini diterima, kami akan memiliki generasi yang berbeda,” ungkap Turkoglu.

Sementara itu, Nunn meninggalkan NBA dan berlabuh ke Yunani bersama Panathinaikos pada 2023. Ia mencatat rata-rata 16 poin, 2,7 rebound, dan 3 asis per gim dan masuk All-EuroLeague First Team.

Nunn, pernah memperkuat Miami Heat (2019-2021), Los Angeles Lakers (2021-2023), dan Washington Wizards pada 2023. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar