Rudy Gobert menjadi salah satu pemain dengan gelar Defensive Player of the Year (DPOY) terbanyak. Tetapi Chauncey Billups yakin Victor Wembanyama bisa meraih lebih banyak. Pelatih Portland Trail Blazers itu memprediksi Wemby akan memiliki 10 gelar DPOY di masa mendatang.

Dalam siniar Sheed and Tyler, Billups membanding dua center asal Prancis itu. Wemby dan Gobert sama-sama masuk roster Prancis di Olimpiade Paris 2024. Prancis meraih perak dua kali beruntun setelah tumbang dari Amerika Serikat.

Billups menuturkan bahwa Wemby berpotensi untuk mendominasi sektor pertahanan beberapa tahun mendatang. “Dia bukan Gobert. Kalian semua gila. Sepuluh DPOY berikutnya akan menjadi milik Wemby,” tutur Billups.

Wemby masuk sebagai finalis DPOY 2024 bersama Gobert dan Bam Adebayo. Ia menjadi ruki pertama yang menjadi finalis DPOY dan masuk dalam NBA All-Defensive First Team.

Pada akhirnya, DPOY 2024 menjadi milik Gobert. Ini menjadi gelar keempatnya. Dalam sejarah NBA, hanya tiga pemain dengan empat DPOY. Jumlah terbanyak untuk seorang pemain. Selain Gobert, ada Dikembe Mutombo dan Ben Wallace.

Wemby menyelesaikan musim pertamanya di NBA dengan San Antonio Spurs. Hasilnya luar biasa. Pemain berusia 20 tahun itu terpilih secara mutlak sebagai Rookie of the Year 2024. Wemby bermain dalam 71 gim dengan 21,4 poin, 10,6 rebound, dan 3,9 asis.

Dengan postur 7’4” dan wingspan 2,4 meter, Wemby memimpin liga dengan 3,6 blok dan 1,2 steal per gim. Wemby menunjukkan kemampuannya menjadi ring protector dan mengganggu serangan lawan. Ia memiliki defensive rating 105,8.

Billups yakin kemampuan Wemby bertahan itu ditambah kelincahannya, membuat nya berbeda dengan bigman lainnya. Terutama Gobert yang menjadi center tradisional. Meski Gobert pemain bertahan yang kuat, Gobert memiliki keterbatasan di NBA saat ini.

“Ia (Gobert) pemain bertahan yang hebat. Tetapi ia tidak serba bisa seperti Ben Wallace misalnya.” Dalam situasi tertentu seperti melawan garda lincah dalam pick and roll, Gobert rentan.

“Anda bisa saja melewatinya. Tapi Wemby adalah tipe pemain yang bisa melakukannya dalam segala situasi,” imbuh Billups. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar