Anthony Edwards meraih gelar pertama dalam kariernya. Gelarnya tidak main-main. Pemain berjuluk Ant-Man itu ikut serta membawa Amerika Serikat meraih emas Olimpiade Paris 2024. Setelah merasakan gegap gempita Olimpiade, Edward jadi enggan ikut event yang lain.

Hal itu terungkap dari wawancara Joe Vardon dari The Athletic. Vardon menanyakan event yang akan Edwards ikuti setelah Olimpiade. Selain Olimpiade, event besar lainnya adalah Piala Dunia FIBA 2027.

“Hell nah,” jawab Edwards. Pemain Minnesota Timberwolves itu menjawab dengan tegas bahwa ia menolak untuk tampil di Piala Dunia FIBA berikutnya. Biasanya Piala Dunia FIBA berlangsung setahun sebelum Olimpiade.

Edwards menjadi pemain termuda dalam roster AS di Olimpiade Paris 2024. Usianya baru 23 tahun. Tetapi Edwards memiliki peran krusial Ia berpadu dengan baik dengan para veteran seperti LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant.

Dalam Olimpiade Paris 2024, Edwards mencatat rata-rata 12,8 poin dan 1,2 asis. Ia bermain dalam 16,3 menit per gim. Edwards selalu bermain dalam enam gim di Olimpiade. Termasuk di laga final saat AS mengalahkan Prancis. Bahkan menit bermainnya lebih banyak dari Tyrese Haliburton dan Jayson Tatum.

Edwards sendiri pernah tampil di Piala Dunia FIBA 2023. Penampilannya luar biasa. Ia memimpin AS dengan mencetak 18,9 poin per gim dalam delapan pertandingan. Sayangnya, hal itu tidak cukup untuk membuat AS meraih hasil baik.

Dalam Piala Dunia FIBA 2023, AS pulang dengan tangan hampa. AS kalah dari Jerman di semifinal. Lalu AS kalah lagi oleh Kanada di perebutan juara ketiga. Kekalahan itu membuat AS balas dendam di Olimpiade Paris 2024.

Beberapa waktu lalu, Edwards mengungkapkan pilihannya. No 1 NBA Draft 2020 itu lebih suka bermain di Olimpiade daripada Piala Dunia FIBA. Menurutnya Olimpiade lebih seru karena multievent yang melibatkan banyak atlet dan cabang olahraga.

Melihat performa Edwards ini, ia merupakan kandidat ideal untuk AS dalam Olimpiade berikutnya. Amerika Serikat menjadi tuan rumah Olimpiade Los Angeles 2028. Kedua kalinya LA menjadi tuan rumah setelah tahun 1984. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar