Kevin Durant baru saja memenangkan medali emas di Olimpiade Paris 2024, tetapi medali bukanlah satu-satunya hal yang ia peroleh di Paris. Juara NBA dua kali dan All-Star 14 kali itu telah menjadi investor minoritas di klub Prancis Paris Saint-Germain. Durant mengumumkan investasi tersebut melalui Boardroom, bisnis media dan hiburannya, pada hari Senin. 

Investasi dari Durant dan mitra bisnisnya Rich Kleiman dilakukan melalui Arctos Partners, pada bulan Desember. Arctos, sebuah firma investasi swasta yang berkantor pusat di AS, membeli 12,5 persen saham klub Ligue 1 tahun lalu, dalam sebuah langkah yang akan menilai PSG sekitar 4,25 miliar euro, menurut sumber yang dekat dengan kesepakatan tersebut pada saat itu.

Durant menyempatkan diri dari jadwal Olimpiade untuk mengunjungi pusat pelatihan PSG yang baru di Poissy, sebelah barat Paris, minggu lalu, dan bertemu dengan presiden Nasser Al-Khelaifi. Durant sudah menjadi pemilik saham minoritas di tiga tim sepak bola, karena sebelum PSG, dia menjadi investor di klub MLS Philadelphia Union pada tahun 2020, dan bergabung dengan kepemilikan minoritas klub NWSL NJ/NY Gotham FC pada tahun 2022. Durant juga memegang saham di klub Major League Pickleball Brooklyn Aces.

"Merupakan suatu kehormatan untuk menyambut Kevin Durant di Kampus hari ini dan menyaksikan kecintaannya pada Paris Saint-Germain serta pengakuannya terhadap fasilitas olahraga yang luar biasa di pusat pelatihan Kampus PSG baru kami," kata Al-Khelaifi setelah kunjungan Durant.

"Kevin adalah atlet yang inspiratif, investor, dan panutan yang serba bisa, baik di dalam maupun di luar lapangan. Kami sangat bangga dengan hubungannya dengan keluarga Paris Saint-Germain karena kami memiliki nilai dan visi yang sama. Kami berharap dapat memperkuat hubungan kami dan bekerja sama dengan Kevin dan jajaran direksi untuk menghadirkan yang terbaik dalam olahraga dan hiburan bagi para penggemar di seluruh dunia."

PSG adalah salah satu klub paling dominan di Eropa, setelah memenangkan enam gelar terakhir di Ligue 1, liga utama Prancis. Klub ini adalah klub sepak bola paling bernilai ketujuh di dunia, menurut Sportico, dengan nilai 4,05 miliar dolar Amerika. Saham mayoritas di klub ini dimiliki oleh Qatar Sports Investments, yang membeli klub tersebut pada tahun 2011. Klub ini akan mengalami sedikit transisi setelah kehilangan bintangnya Kylian Mbappe ke Real Madrid musim panas ini, tetapi masih diharapkan tampil sangat baik di Ligue 1.

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa atlet dan selebriti telah berinvestasi dalam sepak bola di Eropa dengan membeli saham minoritas atau seluruh klub. Mantan pemain NFL JJ Watt memiliki saham minoritas di Burnley, bintang Los Angeles Lakers LeBron James memiliki saham minoritas di Liverpool, dan aktor Ryan Reynolds dan Rob McElhenney membeli Wrexham AFC. (*)

Foto: Canal Supporters

Komentar