Komentator NBC Mike Tirico membuat kesalahan. Ia mengira Mathias Lessort membawa bendera Palestina di podium usai final Olimpiade Paris 2024. Tirico langsung minta maaf karena kurang teliti sebelum berkomentar.

“Kalian lihat Lessort, salah satu dari center cadangan, dengan bendera Palestina di bahunya. Kami tentu menyadari adanya suatu pertunjukan terkait konflik di Timur Tengah dari para atlet yang terlibat dalam pertandingan ini,” ujar Tirico.

Padahal Lessort membawa bendera Martinique. Pemain Panathinaikos itu lahir di Fort de France, Martinique. Ia menghabiskan masa remaja di sana sebelum pindah ke Prancis pada usia 15 tahun untuk bergabung dengan klub Elan Chalon.

Martinique sendiri merupakan negara di bawah teritori Prancis. Martinique merupakan salah satu negara kepulauan yang berada di Laut Karibia.

Bentuk bendera Martinique memang menyerupai bendera Palestina. Bendera Martinique dengan bentuk segitiga merah dengan warna hijau dan hitam. Sedangkan bendera Palestina dengan segitiga merah dengan warna hitam, putih, dan hijau.

Untuk menghormati tanah kelahiran dan tempatnya berasal, Lessort membawa bendera Martinique di podium. Prancis meraih perak setelah kalah dari AS.

Menyadari bahwa komentarnya salah, Tirico langsung membenahi ucapannya. Tirico minta maaf melalui laman X. Ia berjanji akan lebih teliti lagi sebelum berkomentar.

“Saya menyadari adanya kesalahan karena mengidentifikasi bendera Martinique sebagai bendera Palestina selama upacara penyerahan medali untuk bola basket putra hari ini. Keduanya mirip tetapi yang jelas sangat berbeda bagi pihak yang memilikinya,” tulisnya.

“Saya minta maaf atas kesalahan tersebut dan akan memperbaikinya saat siaran langsung pada acara utama kami malam ini,” imbuh Tirico.

Lessort memberi kontribusi signifikan untuk Prancis di Olimpiade Paris 2024. Pada Olimpiade pertamanya itu, Lessort menyumbang 7,2 poin, 3,3 rebound, dan 1,5 asis dalam 6 gim. (rag)

Foto: FIBA

Komentar