Tyrese Haliburton menjad penghangat bangku cadangan Amerika Serikat di Olimpiade Paris 2024. AS memenangkan medali emas. Meski minim menit bermain, Haliburton tetap senang. Dan sebelum ada lelucon dari orang lain, Haliburton lebih dulu menertawakan dirinya sendiri.

Haliburton senang mendapatkan emas pertamanya. AS menekuk Prancis 98-87 di Bercy Arena, Paris pada Sabtu (10/8). Setelah proses penyerahan medali, Haliburton langsung mengunggah fotonya dengan medali emas.

Kutipan di foto tersebut cukup menghibur. “Ketika kamu tidak melakukan apapun saat kerja kelompok dan tetap menerima nilai A,” tulis pemain Indiana Pacers itu.

Haliburton hanya bermain di tiga gim. Itupun dalam waktu tidak sampai 11 menit. Bukan saat melawan tim-tim berat. Tentu saja Haliburton juga bukan sebagai starter AS dalam Olimpiade ini.

Haliburton tidak dimainkan di laga perdana melawan Serbia. Begitu juga dengan Jayson Tatum. AS meriah kemenangan 110-84 atas Serbia.

Debut Haliburton di Olimpiade terjadi dalam pertandingan melawan Sudan Selatan. Ia msuk di pertengahan kuarter kedua menggantikan Anthony Edwards. Haliburton melantau selama 7 menit dengan 6 poin dan satu asis.

Laga berikutnya melawan Puerto Riko. AS sendiri sudah memastikan lolos ke perempat final. Haliburton berlaga selama 10 menit tapi hanya menghasilkan satu steal. Satu tembakan juga gagal.

Kemudian Haliburton tampil saat berhadapan dengan Brasil di babak perempat final. Ia mencetak 2 poin, 1 asis, dan 1 steal selama 8 menit. Itulah terakhir kalinya Haliburton menginjak lapangan.

Selain Haliburton, pemain yang Did Not Play (DNP) adalah Joel Embiid saat melawan Sudan Selatan, Jrue Holiday saat melawan Puerto Riko, Jayson Tatum (vs Serbia dua kali), dan Derrick White di babak final.

Dengan membawa roster yang berisi juara NBA dan para MVP, termasuk veteran seperti LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant, “persaingan” dalam tim juga sulit. Tapi tampaknya Haliburton realistis dengan para “pesaing” di skuad utama. Dia tidak masalah dan dibawa anjoy saja. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar