Nicolas Batum membantu Prancis mendapatkan medali perak di Olimpiade Paris 2024. Setelah pertandingan final melawan Amerika Serikat, Batum memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Prancis. Batum juga berencana pensiun dari NBA.

Pemain veteran NBA 16 tahun ini memiliki beberapa momen luar biasa bagi Prancis dalam karier basketnya. Tetapi ini akan menjadi penampilan terakhirnya dengan seragam tersebut. Berbicara setelah pertandingan medali emas melawan Tim AS, Batum mengatakan, "Ini adalah pertandingan terakhir saya dengan jersei ini."

"Saya menghabiskan lima belas tahun bermain di empat FIBA Basketball World Cup, empat Eurobasket, dan empat Olimpiade. Saya melakukan apa yang harus saya lakukan, dan tujuh medali ini. Saya senang."

Deretan penghargaan Nic Batum bersama Prancis dimulai dari medali emas, MVP, dan All-Tournament Team di FIBA Europe U-18 Championship 2006. Medali perunggu FIBA U-19 World Cup 2007, medali perak FIBA EuroBasket 2011, medali emas FIBA EuroBasket 2013. Medali perunggu dan All-Tournament Team FIBA Basketball World Cup 2014, medali perunggu FIBA EuroBasket 2015. Medali perunggu FIBA Basketball World Cup 2019, dan terakhir medali perak Olimpiade Tokyo 2020 dan Paris 2024. 

Masih belum jelas berapa tahun lagi Batum akan bermain di NBA, tetapi pemain veteran ini masih punya kontrak dua tahun senilai 9,6 juta dolar Amerika dengan Clippers. Kontrak tersebut mencakup opsi pemain, sehingga Batum dapat membuat keputusan tentang masa depannya di NBA musim panas mendatang. 

Dalam sebuah wawancara, Batum berkata dalam bahasa Prancis bahwa keriernya diselamatkan oleh Tyronn Lue. "Ty Lue menyelamatkan hidupku, jadi aku akan tetap bersama T-Lue kecuali mereka mengusirku. Dia menyelamatkan karierku."

Pemain 35 tahun tersebut diperdagangkan dari Clippers ke Philadelphia 76ers di awal musim lalu dalam perdagangan James Harden, tetapi menandatangani kontrak lagi dengan LA musim panas ini di mana ia berharap untuk menyelesaikan karier NBA-nya. 

Mengakhiri karier Olimpiade-nya dengan medali perak, Batum adalah legenda basket Prancis. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar