Olimpiade adalah pesta olahraga yang hanya diadakan setiap empat tahun sekali. Sehingga tidak banyak pemain, khususnya NBA, yang bisa memenangkan gelar liga dan medali olimpiade bersamaan. Trio Boston Celtics, Jrue Holiday, Jayson Tatum, dan Derrick White masuk daftar langka untuk NBA dan Olimpiade. 

Boston Celtics memenangkan gelar juara NBA musim 2023-2024 pada bulan Juni. Sebulan kemudian, tiga pemainnya tampil di Olimpiade Paris 2024, memenuhi panggilan timnas Amerika Serikat. Saat tim tersebut meraih gelar juara, maka tiga pemain Celtics ini masuk daftar rekor yang sangat langka. Hanya sembilan pemain, termasuk mereka bertiga, yang pernah melakukannya. Rekor tersebut adalah memenangkan gelar juara NBA dan medali Emas Olimpiade di tahun yang sama.

Sebagai catatan, pemain NBA diizinkan bermain di Olimpiade sejak 1992. Di tahun tersebut NBA punya Chicago Bulls sebagai juara liga, dan bintangnya masuk Tim AS. Daftar ini dimulai dari Michael Jordan dan Scottie Pippen. Keduanya memenangkan gelar NBA 1992 dan medali emas Olimpiade Barcelona 1992. 

Namun Pippen punya rekor yang lebih banyak. Pippen juga masuk dalam Tim AS untuk Olimpiade Atlanta 1996. Di tahun yang sama, Chicago Bulls menang 4-2 di Final NBA 1996 atas Seattle Supersonics. Sehingga Pippen punya menjadi pemain dengan dua kali memenangkan gelar NBA dan medali emas Olimpiade di tahun yang sama. 

Nama ketiga yang masuk daftar ini adalah LeBron James. Dia membawa Miami Heat menang 4-1 melawan OKC Thunder di Final NBA 2012, dan menjadi MVP Final. Di saat yang sama, LeBron juga bermain untuk Tim AS di Olimpiade London 2012, dan sukses merebut medali emas. Pada tahun 2016, ada Kyrie Irving. Dia menjadi juara NBA 2016 bersama Cleveland Cavaliers, yang menang 4-3 atas Golden State Warriors. Kyrie juga bermain di Olimpiade Rio 2016 dan meraih medali emas. Kyrie menjadi pemain keempat dalam daftar tersebut. 

Pada tahun 2021, ada dua pemain NBA yang masuk daftar rekor ini. Mereka adalah Jrue Holiday dan Khris Middleton. Karena di tahun 2021, keduanya membantu Milwaukee Bucks menang 4-2 di seri final atas Phoenix Suns. Karena ada pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo 2020 ditunda penyelenggaraannya hingga tahun 2021. Tim AS memenangkan medali emas dengan Holiday dan Middleton dalam rosternya. 

Pada tahun 2024, Boston Celtics juara. Tiga punggawanya masuk Tim AS untuk Olimpiade Paris 2024. Mereka adalah Holiday, Tatum, dan White. Jika melihat daftar tersebut, maka Holiday menjadi pemain kedua setelah Scottie Pippen yang punya rekor dua kali memenangkan gelar juara NBA dan medali emas Olimpiade di tahun yang sama. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar