Kevin Durant mencatat rekor baru. Ia menjadi pemain Timnas Amerika Serikat (putra) tersukses. KD mengoleksi empat emas Olimpiade. Dan mungkin masih bisa bertambah lagi mengingat KD belum akan pensiun.

“Rekor itu ada memang untuk dipecahkan. Saya selalu memiliki tujuan untuk mewakili negara, negara bagian, komunitas, dan keluarga saya. Serta mengembangkan olahraga ini,” kata MVP NBA 2014 itu.

KD mengantar Amerika Serikat menjuarai Olimpiade Paris 2024. Gelar kelima beruntun untuk AS dan keempat beruntun untuk KD. Capaian itu membuat KD melampaui rekor Carmelo Anthony.

Anthony mengoleksi tiga emas dan satu perunggu Olimpiade. Ditambah perunggu tahun 2006 di World Cup atau sekarang disebut Piala Dunia FIBA. Sedangkan KD menyapu bersih penampilan internasional dengan emas. Termasuk di World Cup 2010.

Selain itu, KD juga baru saja menjadi pencetak poin terbanyak dalam sejarah AS baik putra dan putri. KD memecahkan rekor Lisa Leslie, yang memiliki 488 poin. Setelah menyelesaikan Olimpiade Paris 2024, KD memiliki rekor 494 poin.

Bisa bertambah lagi. Sebab, KD membuka peluang untuk berlaga di Olimpiade berikutnya. Kebetulan lokasinya bergengsi. Amerika Serikat menjadi tuan rumah. KD tidak menutup peluang tampil di Olimpiade Los Angeles 2028.

“Sejak saya masuk timnas, saya telah melakukan semuanya. Kami membangun Dream Team 1992. Saya senang kami berhasil mempertahankannya. Soal (Olimpiade) LA, ya siapa tahu. Kita lihat saja nanti,” kata pemain Phoenix Suns itu.

KD menjadi pemain tertua kedua di AS setelah LeBron James. Ia genap berusia 36 tahun pada 29 September nanti. Jika tampil di Olimpiade LA 2028, KD berusia 39 tahun. Sama seperti usia LeBron sekarang.

Hanya tiga pemain yang memiliki empat medali Olimpiade. Selain KD dan Anthony, juga ada LeBron dengan tiga emas dan satu perunggu. (rag)

Foto: FIBA

Komentar