Amerika Serikat memenangkan Olimpiade Paris 2024. Bukan hal yang mengejutkan. Tapi tetap saja terasa luar biasa. Sebab, sebelum Olimpiade dimulai, AS sudah membawa roster super mewah. Warganet memberi julukan The Avengers.

Bagaimana tidak, AS membawa empat MVP NBA dan sisanya merupakan pemain kelas A serta tiga pemain yang baru juara NBA 2024. Duet impian LeBron James dan Stephen Curry pun terwujud. Kombinasi pemain terbaik yang rasanya tidak mungkin terjadi di NBA.

Setelah AS meraih emas pada Minggu (11/8) dini hari, LeBron James “meresmikan” julukan tersebut. LeBron ditanya tentang julukan yang cocok untuk timnya di Olimpiade ini. Sebab, AS selalu memiliki julukan tersendiri.

“Ada Dream Team. Ada Redeem Team. Jadi apa julukan tim ini?” tanya seorang reporter saat LeBron melakukan selebrasi di Bercy Arena, Paris.

LeBron menjawab dengan lugas. “The Avengers.”

Dream Team. Itu merupakan julukan AS saat mengikuti Olimpiade Barcelona 1992. Momen tersebut merupakan pertama kalinya pemain NBA bisa mengikuti Olimpiade. Ada Michael Jordan, Magic Johnson, hingga Larry Bird.

Dominasi AS di Olimpiade pun semakin seru. Mereka selalu meraih emas. Tetapi kejatuhan terjadi di Olimpiade Athena 2008. AS “hanya” meraih perunggu. Suatu hal yang memalukan untuk AS.

Maka dari itu, Kobe Bryant menginisiasi membentuk Redeem Team di Olimpiade Beijing 2008. Tim yang dibentuk untuk membalas kegagalan di Olimpiade sebelumnya. Hasilnya sukses. AS mengembalikan kejayaan dan tidak tergeser hingga sekarang. Film dokumenter Redeem Team dirilis tahun lalu.

Tetapi dominasi AS di luar Olimpiade mulai luntur. Mereka gagal juara dunia dua kali beruntun. Hanya posisi ketujuh di Piala Dunia FIBA 2019. Lalu gagal meraih perunggu di Piala Dunia 2023 setelah kalah dari Kanada.

AS mengamuk. Kali ini LeBron mengumpulkan “pasukan” untuk balas dendam di Olimpiade Paris 2024. Setelah 12 tahun, LeBron kembali ke timnas lagi. Ia juga “merekrut” Curry, yang sebelumnya belum pernah bermain di Olimpiade.

Roster AS di Olimpiade Paris 2024 ini juga mencangkup Kevin Durant, Joel Embiid, Jrue Holiday, Anthony Davis, Devin Booker, Derrick White (menggantikan Kawhi Leonard), Jayson Tatum, Bam Adebayo, Anthony Edwards, dan Tyrese Haliburton. (rag)

Foto: FIBA

Komentar