Milwaukee Bucks tidak akan bertanding pada Hari Natal tahun ini, dan hal tersebut membuat Giannis Antetokounmpo tidak senang. Bucks adalah satu-satunya tim pemenang gelar juara NBA yang tidak bermain pada Hari Natal sejak 2021. 

Jadwal NBA untuk Hari Natal menampilkan pertandingan utama liga antara bintang dan rival, dengan beberapa alur cerita menarik tahun ini. Liga ini telah menampilkan pertandingan dengan tim dan pemain terbaik pada Hari Natal sejak musim keduanya pada tahun 1947. 

Juara bertahan NBA telah berpartisipasi dalam acara tersebut setiap tahun sejak 1995 (tidak termasuk penguncian tahun 1998 ketika tidak ada pertandingan pada Hari Natal). Pertandingan Hari Natal NBA yang ditetapkan pada tanggal 25 Desember 2024 dirilis, berikut jadwalnya:

- San Antonio Spurs melawan New York Knicks di Madison Square Garden 
- Minnesota Timberwolves melawan Dallas Mavericks di American Airlines Center 
- Philadelphia 76ers melawan Boston Celtics di TD Garden 
- Los Angeles Lakers melawan Golden State Warriors di Chase Center 
- Denver Nuggets melawan Phoenix Suns di Footprint Center. 

Di antara lima juara NBA terakhir, hanya juara 2021 Milwaukee Bucks yang tidak menerima pertandingan Hari Natal tahun ini. Meskipun menampilkan bintang-bintang seperti Giannis Antetokounmpo dan Damian Lillard. Antetokounmpo mengungkapkan kekecewaannya di media sosial dengan menulis, "Tidak ada pertandingan Natal?!" disertai emoji tertawa dan menangis. 

Selain kekecewaannya di NBA, Antetokounmpo baru-baru ini mengakhiri perjalanan basketnya di Olimpiade Paris 2024. Sebagai pembawa bendera Yunani, ia memimpin timnya tetapi menghadapi turnamen yang sulit. 

Yunani kalah dalam pertandingan pembuka melawan Kanada 86-79, dan kemudian melawan Spanyol 84-77, meskipun Antetokounmpo tampil gemilang. Yunani akhirnya tersingkir oleh Jerman di perempat final. Antetokounmpo juga menjadi berita utama dengan foto viral yang menampilkan dirinya dan bintang basket Nigeria Nicole Enabosi.

Kembali ke pertandingan Hari Natal NBA 2024. Pertama akan dibuka dengan laga yang menampilkan Victor Wembanyama di bawah lampu terang Madison Square Garden. Pemain berusia 20 tahun itu baru saja menyelesaikan musim rookie yang sukses dan sangat digembar-gemborkan. Dia adalah pemenang mutlak penghargaan Rookie of the Year. Sementara itu, Knicks telah muncul sebagai salah satu tim terbaik di Wilayah Timur, berkat kebangkitan Jalen Brunson sebagai All-Star. Mereka juga telah menambahkan mantan pemain Villanova Wildcat lainnya ke dalam susunan pemain mereka, yaitu Mikal Bridges. 

Pertandingan kedua akan menampilkan pertandingan ulang Final Wilayah Barat 2024. Dallas mengalahkan Minnesota dalam lima pertandingan selama babak playoff musim lalu, memenangkan tiga dari pertandingan tersebut dengan selisih lima poin atau kurang. Garda Mavericks Luka Doncic dan garda Timberwolves Anthony Edwards termasuk di antara pemain terbaik di liga. Wolves juga menampilkan DPOY NBA 2024, Rudy Gobert. 

Pertandingan ketiga di hari Natal tahun ini akan mempertemukan juara bertahan NBA, Boston Celtics, melawan Philadelphia 76ers yang tampil dengan wajah baru. Sixers telah merombak daftar pemain mereka, dengan menambahkan tujuh pemain yang berstatus free-agent, termasuk pemain depan NBA All-Star sembilan kali Paul George. Pemain Terbaik NBA 2022-2023 Joel Embiid juga akan berusaha tampil gemilang melawan bintang-bintang Celtics yang terdiri dari Jayson Tatum, Jaylen Brown, Kristaps Porzingis, dan Jrue Holiday. 

Pertandingan terakhir di hari libur ini akan mempertemukan bintang-bintang Los Angeles Lakers dan Golden State Warriors. Warriors sebelumnya menjamu Lakers pada hari Natal tahun 2018 saat masih bermain di Oakland di Oracle Arena. Kali ini, pertandingan akan diadakan di Chase Center yang canggih, tempat dua pemain terhebat generasi ini, LeBron James dan Stephen Curry, akan bertanding sekali lagi. Ini akan menjadi pertandingan kelima di Hari Natal antara keduanya sejak perseteruan Warriors-Cavaliers yang terkenal pada pertengahan tahun 2010-an. (*)

Foto: Brew Hoop

Komentar