Stephen Curry bermain luar biasa di semifinal Olimpiade Paris 2024. Penampilan itu membawa Amerika Serikat menumbangkan Serbia. Pujian datang dari Kevin Durant. Menurut KD, pertandingan tersebut merupakan yang terbaik yang pernah dilihat.

Tidak hanya Curry. AS selamat karena tiga pemain legendarisnya bekerja sama. Dalam dua menit terakhir, AS memainkan Curry, KD, dan LeBron James. Ditambah MVP Joel Embiid plus Devin Booker. AS pun menang 95-91.

“Kami bisa memainkan basket dengan gaya apapun. Kami adalah tim terbaik di dunia. Kami melakukan tembakan yang bagus dan bermain full team di kuater keempat. Kemenangan itu pun kami dapatkan,” kata KD usai pertandingan.

Khusus untuk Curry, KD sampai geleng-geleng kepala. Curry menjadi top skor dengan 36 poin, 8 rebound, dan 2 asis. Pemain Golden State Warriors itu membukukan 9/14 tembakan tepat sasaran.

Penampilan itu datang setelah Curry mendapat kritikan sebagai pemain terburuk AS di Olimpiade Paris 2024. Sebagai catatan, Curry baru pertama kali ini bermain di Olimpiade dan 10 tahun kembali ke timnas.

“Penampilannya itu luar biasa. Pertandingan itu sulit karena ia merasa seperti sedang berjuang sepanjang turnamen. Kami selalu mengatakan bahwa itu bisa terjadi. Dan malam ini Steph menunjukkannya. Tuhan memberkatinya,” ungkap KD.

“Dia bersama kami malam ini. Steph yang sejati melakukan tembakan demi tembakan, melakukan steal di akhir, dan mengakhirinya dengan layup. Ia ada dimana-mana. Ini salah satu pertandingan terhebat yang pernah saya lihat ia mainkan,” imbuhnya.

Selain Curry, ada dua pemain lainnya dengan dobel digit poin. LeBron James dengan tripel-dobel 16 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Joel Embiid mencetak 19 poin dari 8/11 tembakan. KD sendiri kesulitan di tiga kuarter awal. Ia menyelesaikan gim dengan 9 poin dna 3 rebound.

AS masih tidak terkalahkan di Olimpiade Paris 2024. Mereka melaju 5-0 hingga final. Dalam empat pertandingan awal, AS menjadi satu-satunya tim yang mencetak 100+ poin.

AS akan melawan Prancis di pertandingan final yang akan berlangsung pada Minggu (11/8) dini hari pada pukul 02.30 WIB. Ini menjadi final keempat AS vs Prancis di Olimpiade. Ulangan final Olimpiade Tokyo 2020. (rag)

Foto: FIBA

Komentar