Prancis memang melangkah ke final Olimpiade Paris 2024. Tetapi rekor mereka tidak sempurna. Satu kekalahan terjadi di penyisihan grup. Prancis kalah dari Jerman. Lalu mereka bertemu lagi di semifinal dan Prancis memberi kekalahan yang lebih menyakitkan.

Mereka tergabung di Grup C. Jerman menjadi juara grup setelah menekuk Prancis 85-71 pada 2 Agustus 2024 di Pierre Mauroy Stadium Lille. Kemudian keduanya bertemu lagi di semifinal. Dalam pertandingan yang berlangsung di Bercy Arena, Paris kemarin, Les Bleus menang 73-69.

Victor Wembanyama menjadi salah satu pilar kemenangan Prancis. Kontribusinya dalam pertahanan membuat Prancis bisa memukul balik Jerman di paruh kedua. Pemain yang disapa Wemby itu membukukan 3 blok dari 5 blok Prancis.

“Sejarah terukir. Tapi ini belum selesai. Saya masih mengendalikan emosi saya. Sebab, kami bermain untuk memenangkan medali emas,” kata Wemby usai semifinal dilansir melalui laman Basket News.

Rookie of the Year 2024 itu mengungkapkan perkembangan timnya hingga mencapai babak final. Sempat mengawali laga grup dengan kesulitan, Prancis solid mulai perempat final. Mereka menyingkirkan Kanada lalu Jerman, juara dunia.

“Kami menemukan permainan kami lebih baik. Kami menggunakan semua kemampuan kami dan menghindari kekalahan. Itu kuncinya. Wajar bagi sebuah tim berkembang sepanjang turnamen,” kata pemain San Antonio Spurs itu.

Wemby ingat betul rasanya menutup laga grup dengan kekalahan dari Jerman. Hal itu memotivasinya untuk bermain habis-habisan di fase gugur. Sebab, jika kalah lagi, mereka tidak bisa meraih emas.

“Kami ingat bagaimana mereka (Jerman) tertawa saat pertandingan berakhir. Betapa mudahnya mereka melakukannya. Itu mendorong kami untuk memberikan segalanya di lapangan,” ujar Wemby.

Babak final berlangsung pada Minggu (11/8) pukul 02.30 WIB. Mereka akan melawan AS, yang sebelumnya menang dramatis atas Serbia 95-91.

Prancis mencapai final Olimpiade keempat dalam sejarah. Dalam tiga final sebelumnya, Prancis selalu kalah dari Amerika Serikat. Termasuk di final Olimpiade Tokyo 2020. Prancis harus puas dengan medali perak usai kekalahan 82-87. (rag)

Foto: FIBA

Komentar