Tim AS sempat tertinggal dua digit setelah tiga kuarter, tetapi LeBron James dan kolega berhasil mengatasinya dan akhirnya menang di semifinal melawan Serbia, 95-91. Selama pertandingan, LeBron James mencatatkan prestasi yang baru terjadi tiga kali sebelumnya dalam sejarah Olimpiade.

LeBrorn menjadi pemain ketiga dalam sejarah turnamen bola basket Olimpiade. Superstar Los Angeles Lakers itu mengumpulkan 16 poin dengan tembakan 6-dari-9 percobaan, 12 rebound, dan 10 asis untuk memimpin Tim AS selama menit-menit terakhir pertandingan yang luar biasa.

Pada saat yang sama, LeBron menjadi pemain pertama dalam sejarah Olimpiade yang mencatat dobel-dobel lebih dari satu kali. Sebelumnya ia melakukannya saat melawan Australia di Olimpiade London 2012.

Tripel-dobel Olimpiade pertama dicatat hampir 50 tahun lalu oleh Alexander Belov dari Uni Soviet. Berikut daftar pemainnya:

- Alexander Belov (USSR) – 23 poin, 14 rebound, dan 10 asis melawan Kanada pada tahun 1976.
- LeBron James (AS) – 11 poin, 14 rebound, dan 12 asis saat melawan Australia pada tahun 2012
- Luka Doncic (Slovenia) – 16 poin, 10 rebound, dan 18 asis melawan Prancis pada tahun 2021.
- LeBron James (AS) - 16 poin, 12 rebound, dan 10 asis melawan Serbia pada tahun 2024.

Setelah kemenangannya, LeBron James mengunggah foto dirinya, Kevin Durant, dan Steph Curry di X dan memberi judul pesan "1 lagi".

Amerika sedang mencari medali emas kelima berturut-turut di Olimpiade. Sementara LeBron tengah mengincar medali emas ketiganya dan yang pertama sejak 2012. Pemain berusia 39 tahun itu tidak berpartisipasi dalam Olimpiade sejak 2012 tetapi memilih untuk mencobanya lagi dalam turnamen internasional terakhirnya.

AS kini akan mengalihkan perhatiannya ke negara tuan rumah karena berharap dapat kembali meraih medali emas. Pertandingan terakhir akan diadakan pada hari Sabtu pukul 3:30 sore waktu Prancis. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar