Amerika Serikat kembali ke Final Olimpiade basket putra. Amerika Serikat akan menjadi lawan Prancis di final. Kepastian ini mereka dapatkan setelah menang dramatis 95-91 atas Serbia, Kamis (8/8), waktu setempat. Kemenangan ini menjaga Amerika Serikat belum terkalahkan sepanjang Olimpiade 2024 Paris. 

Kesulitan membongkar pertahanan Serbia selepas lima menit pertama, Amerika Serikat baru berhasil mendapatkan keunggulan kembali di sisa 2,5 menit pertandingan. Total Serbia unggul selama 35 menit pertandingan. Adalah tripoin Stephen Curry yang membawa Amerika Serikat unggul 87-86. 

Setelahnya, Amerika Serikat membangun momentum cepat dengan tambahan empat poin dari layup LeBron James dan Curry lagi. Kecolongan tujuh poin beruntun ini memaksa Serbia mengambil timeout terakhir mereka yang sayangnya justru berujung turnover dan memastikan kemenangan Amerika Serikat. 

Amerika Serikat masih tertinggal 13 poin saat memulai kuarter empat. Mereka lantas turun dengan kombinasi empat peraih MVP NBA, LeBron, Curry, Kevin Durant, Joel Embiid, dan dibantu oleh Devin Booker. Komposisi ini berhasil melaju (28-10) untuk berbalik unggul empat poin. Amerika Serikat menutup kuarter empat dengan mengemas 32 poin berbanding 15 dari Serbia. 

Curry jadi top skor gim dengan penampilan terbaiknya sepanjang Olimpiade 2024 Paris ini melalui 36 poin dan 8 rebound dari 12/19 tembakan, termasuk 9/14 tripoin. LeBron tripel-dobel 16 poin, 12 rebound, dan 10 asis. Baru ada empat kali tripel-dobel dalam sejarah basket putra Olimpiade dan LeBron memiliki dua di antaranya. Embiid jadi kontributor besar selanjutnya dengan 19 poin dari 8/11 tembakan. 

Serbia benar-benar sangat dekat dengan kemenangan. Sayangnya, tripoin Ognjen Dobric meleset tepat sebelum tripoin pembalik keadaan Curry. Padahal, Dobric dalam posisi yang sangat terbuka. Ini adalah satu dari total sembilan tripoin meleset Serbia di kuarter empat. Mereka tak memasukkan satupun tripoin di 10 menit terakhir (0/9). Padahal, dalam tiga kuarter sebelumnya, Serbia menembak 50 persen (15/30). 

Bogdan Bogdanovic jadi top skor Serbia dengan 20 poin dan 4 rebound. Nikola Jokic dobel-dobel 17 poin, 5 rebound, plus 11 asis. Jokic tak memasukkan satupun tripoin dari enam percobaannya. Aleksa Avramovic menambahkan 15 poin dan 4 rebound dari 16 menit ia di lapangan. 

Amerika Serikat melawan Prancis adalah ulangan Final Olimpiade 2020 Tokyo. Amerika Serikat kala itu keluar sebagai pemenang dengan skor 87-82. Serbia sendiri akan jumpa Jerman untuk perebutan medali perunggu. (DRMK)

Foto: FIBA 

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Bergabung dengan Big Three, Kevin Durant Optimis Phoenix Suns Bisa Juara
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Kelly Antar Pelita Jaya ke Final (Playoff IBL 2016)
Timnas Putri Panggil 17 Nama untuk Seleksi FIBA Women's Asia Cup 2021
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Paul George Salahkan Manajemen Clippers Karena Merekrut James Harden