PP Perbasi memiliki mars. Lagu tersebut berjudul Mars Bola Basket Indonesia. Lagu penyemangat itu dibuat dan dibawakan oleh band Govinda. Nantinya mars itu menjadi lagu wajib dalam setiap event Perbasi. Termasuk di Indonesian Basketball League (IBL).

“Mars Bola Basket Indonesia ini akan menjadi lagu wajib yang diperdengarkan saat Perbasi menggelar kejuaraan dan agenda resmi federasi. Seperti munas dan rapat pengurus lainnya,” kata Sekjen PP Perbasi dalam launching di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (8/8) itu.

Dalam acara tersebut, Perbasi menjelaskan bawah ide tersebut tercetus dari band Govinda. Selain band, para anggotanya juga pecinta basket. Mereka menawarkan diri untuk membuatkan lagu.

Kebetulan, Perbasi sendiri belum memiliki lagu mars. Tawaran itu disambut dengan baik oleh Perbasi. Gitaris Govinda, Ade Nurulianto, yang membuat lirik lagunya. Perbasi sendiri memberi arahan tentang konsep lagunya.

Sementara itu, Govinda menjelaskan proses pembuatannya memakan waktu selama seminggu. Termasuk pembuatan lirik dan musik. Ade menjelaskan untuk lagu olahraga harus punya lirik dan bear yang memberi semangat.

“Jadi memang musiknya dari kami. Tapi kami ngobrol juga dengan Perbasi untuk mendapat masukan. Karena kan mars atau hymne itu berbeda dengan lagu pop. Saya sendiri hanya mengembangkan tagline-tagline yang sudah ada,” tutur Ade.

Sebelum menjadi lagu wajib, ada tahapan untuk “mengesahkan” lagu itu. Rencananya Perbasi akan menyosialisasikan Mars Bola Basket Indonesia ke pengprov. Mereka mengundang pengprov di Jakarta besok.

Perbasi akan melakukan Musyawarah Nasional (Munas) pada Oktober mendatang atau setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum PP Perbasi periode 2024-2029. Sekaligus mengesahkan Mars Bola Basket Indonesia. (rag)

Foto: Ragil Putri Irmalia

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Bergabung dengan Big Three, Kevin Durant Optimis Phoenix Suns Bisa Juara
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine
Tom Thibodeau Mencari Sosok Pengganti Isaiah Hartenstein