Semifinal Olimpiade Paris 2024 akan mempertemukan Amerika Serikat vs Serbia. Pertandingan itu dilaksanakan pada Jumat (9/8) dini hari nanti pukul 02.00 WIB. Ini adalah pertemuan ketiga mereka dalam satu bulan terakhir.

Pelatih Serbia Svetislav Pesic mengakui timnya mendapat tantangan super berat di Olimpiade Paris 2024. Pesic menyebut Serbia sedang menghadapi tim terbaik sepanjang sejarah.

“Kami bermain melawan tim yang luar biasa. Menurut saya, (AS) timnas terbaik dalam sejarah basket. Orang Amerika tidak lagi hanya menampilkan kualitas individu yang luar biasa. Mereka berkembang menjadi sebuah tim,” kata Pesic dilansir melalui laman Basket News.

“Kami menghormati itu. Tetapi kami juga menghormati diri kami sendiri. Kami tidak takut. Kami ingin bermain dengan baik,” lanjutnya.

AS menang pada uji coba dan babak penyisihan grup. Pada laga uji coba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 18 Juli lalu, AS menang 105-79. AS juga menempati puncak Grup C setelah menghantam Serbia 110-84.

“Kami tidak mengeluarkan ancaman. Kami tidak punya hak mengancam siapapun sekarang. Kami sadar lawan kami. Fakta bahwa kami masuk empat tim terbaik adalah kesuksesan besar tersendiri,” ungkap Pesic.

“Kami datang kesini bukan untuk melakukan yang terbaik. Tapi mendedikasikan diri memenangkan medali Olimpiade. Besok adalah kesempatan pertama dan kami tidak ingin kehilangannya begitu saja,” tuturnya.

Sejauh ini, rintangan Serbia di Olimpiade adalah AS. Serbia dua kali melangkah ke final Olimpiade. Masing-masing pada tahun 1996 dan 2016. Dan semuanya kalah oleh AS di laga pamungkas.

Serbia baru saja menjalani pertandingan perempat final yang menakjubkan. Mereka menghantam balik Australia 95-90 melalui tambahan waktu. Dalam pertandingan di Bercy Arena, Paris kemarin lusa, Serbia sempat tertinggal 24 poin. Itu menjadi comeback terbesar dalam sejarah Olimpiade. (rag)

Foto: FIBA

Komentar