Charles Barkley akan tetap bersama TNT Sports bahkan tanpa NBA. Pengumuman tersebut muncul setelah beberapa bulan terakhir Barkley mengecam TNT karena kehilangan hak siar NBA. Legenda NBA ini mengancam akan pensiun dari dunia penyiaran setelah musim depan, dan secara terbuka menggoda jaringan lain yang akan menjadi mitra media jangka panjang NBA, yaitu Amazon, NBC, dan ESPN.

Barkley mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Juni selama Final NBA setelah laporan mulai muncul bahwa TNT bisa kehilangan hak siar NBA. "Orang-orang yang bekerja dengan saya, mereka mengacaukan hal ini, jelas," kata Barkley pada bulan Mei. 

Bulan lalu, ketika NBA meresmikan kesepakatan barunya. Kesepakatan tersebut bernilai sekitar 76 miliar dolar Amerika selama 11 tahun. Barkley mengkritik langkah ke Amazon sebagai upaya perampasan uang dan buruk bagi penggemar. Perusahaan induk TNT, Warner Bros. Discovery, kemudian mengajukan gugatan terhadap liga tersebut, dengan alasan kontraknya saat ini memberinya hak untuk menyamai kesepakatan baru Amazon. Gugatan tersebut masih tertunda, dan masih ada kemungkinan hal itu dapat mengarah pada semacam penyelesaian dengan liga.

“Saya mencintai keluarga TNT Sports saya. Prioritas pertama saya adalah dan akan selalu menjadi orang-orang kami dan menjaga semua orang tetap bersama selama mungkin. Kami memiliki orang-orang yang paling menakjubkan, dan mereka adalah yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan. Saya berharap dapat terus bekerja dengan mereka baik di acara-acara yang saat ini kami miliki maupun acara-acara baru yang kami kembangkan bersama di masa mendatang. Ini adalah satu-satunya tempat bagi saya," kata Barkley. 

"Saya harus mengatakan ... Saya terkesan oleh tim kepemimpinan yang berjuang keras dan telah agresif dalam menambahkan properti baru ke TNT Sports, yang membuat saya sangat gembira. Saya menghargai mereka dan semua kolega saya atas dukungan mereka yang berkelanjutan, dan yang terpenting adalah para penggemar kami. Saya akan memberikan yang terbaik saat kami membuat mereka terhibur selama bertahun-tahun yang akan datang."

Barkley telah lama menjadi pembawa acara "Inside the NBA" yang populer sebelum dan sesudah pertandingan di liputan NBA TNT. Ia juga merambah ke luar bola basket, menjadi pembawa acara bersama Gayle King di CNN yang kini telah dibatalkan dan membahas berbagai peristiwa terkini dan isu budaya. Barkley menandatangani kontrak 10 tahun dengan TNT pada tahun 2022. Ia baru-baru ini mengatakan kepada "The Dan Patrick Show" bahwa kesepakatannya bernilai total 210 juta dolar Amerika.

"Charles adalah salah satu penyiar olahraga terbaik dan paling dicintai dalam sejarah televisi. Saya mewakili seluruh anggota keluarga TNT Sports saat mengatakan bahwa kami sangat gembira dapat berbagi komitmen bersama ini untuk terus menampilkan bakat Charles yang tak ada duanya dan menghibur para penggemar di masa mendatang," ujar Luis Silberwasser, Chairman & CEO, TNT Sports. 

TNT Sports adalah pemimpin global dalam penyediaan konten olahraga premium. Portofolio TNT Sports AS mencakup kemitraan multiplatform yang luas dengan National Basketball Association, Major League Baseball, NCAA Division I Men's Basketball Championship, National Hockey League, United States Soccer Federation, Mountain West dan, mulai tahun 2025, NASCAR, Roland-Garros dan BIG EAST. (*)

Foto: Michael Kovac - Turner Sports

Komentar