Tim putri Prancis menyusul tim putra untuk lolos ke semifinal Olimpiade 2024 Paris. Berhadapan dengan Jerman, pasukan putri Prancis menang 84-71, Rabu (7/8). Kemenangan ini memastikan kali keempat Prancis lolos ke semifinal sepanjang keikutsertaan di Olimpiade. 

Prancis bermain sederhana dengan mematikan bintang Jerman, Satou Sabally. Satou dibuat melakukan 7 turnover dan hanya mencetak 10 poin dari 2/10 tembakan. Sebaliknya, Prancis yang punya banyak senjata menggempur dengan 48 persen tembakan. 

Prancis bisa dibilang menyudahi gim ini di awal kuarter dua. Setelah unggul (23-19) di kuarter pembuka, Prancis membuat laju solid (17-5) di awak kuarter dua. Jarak lebar yang mereka buka ini bisa dibilang langsung mematikan upaya Jerman mengejar. Lebih lagi saat poros utama permainan mereka dimatikan sepanjang pertandingan. 

Marine Johannes memimpin tim dengan 24 poin dari bangku cadangan. Ia memasukkan 8/14 tembakan dan termasuk 5/10 tripoin. Ini adalah kali kedua di Olimpiade ini Marine memasukkan lima tripoin dalam satu gim. Gabby Williams menambahkan 16 poin, 6 rebound, 5 asis, sedangkan Alexia Cherry membukukan 10 poin juga dari bangku cadangan. 

"Tidak bisa dipungkiri, pasti selalu ada tekanan untuk memenangkan pertandingan. Namun, saya senang kami berhasil mengatasi tekanan tersebut dengan baik dan bangkit dari kekalahan atas Australia di laga sebelumnya," terang Gabby Williams usai gim. "Saya tidak pernah lelah melihat Marine Johannes tampil brilian meski sudah berkali-kali terjadi. Terkadang, susah juga percaya dengan apa yang saya lihat saat ia bermain dan berkontribusi seperti hari ini," tutupnya. 

Adik dari Satou, Nyara Sabally muncul sebagai top skor tim dengan dobel-dobel 20 poin plus 13 rebound. Pun begitu, Prancis juga menyulitkan Nyara. Sebanyak 14 poinnya datang dari tembakan gratis (15 percobaan). Ia hahya memasukkan 3/13 tembakan keseluruhan. Alexis Peterson 15 poin selama 37 menit sedangkan Marie Guleich 11 poin untuk menutup daftar. 

Ini adalah akhir dari debut cemerlang tim putri Jerman di Olimpiade. Jerman menutup perjalanan mereka dengan dua kali kemenangan dan dua kali kekalahan. Untuk semifinal, Prancis akan melawan Belgia. (DRMK)

Foto: FIBA

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Bergabung dengan Big Three, Kevin Durant Optimis Phoenix Suns Bisa Juara
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Kelly Antar Pelita Jaya ke Final (Playoff IBL 2016)
Puma Speedcat, Sepatu Balap Retro yang Kembali Tenar
Timnas Putri Panggil 17 Nama untuk Seleksi FIBA Women's Asia Cup 2021
Pose Viral di Uji Coba AS vs Kanada, Curry: Saya Hanya Ingin Bersenang-senang