Amerika Serikat mengamankan tiket terakhir ke semifinal basket putra Olimpiade 2024 Paris. Kepastian ini mereka dapatkan setelah menang 122-87 atas Brasil di perempat final, Senin (6/8), waktu setempat. Ini jadi kemenangan kesembilan beruntun tim putra Amerika Serikat di Olimpiade. 

Catatan 122 poin ini jadi catatan poin tertinggi Amerika Serikat sejauh ini. Pun begitu, mereka adalah satu-satunya tim yang selalu menyentuh 100 poin sejak gim pertama. Amerika Serikat langsung perkasa di gim ini setelah mencetak 63 poin di paruh pertama saja.

Enam pemain tim asuhan Steve Kerr membukukan dua digit poin dan seluruh pemain setidaknya memasukkan satu tembakan. Devin Booker jadi yang paling subur dengan 18 poin dari 6/9 tembakan. Separuh poin Booker ia ciptakan di kuarter pembuka. 

Anthony Edwards tepat di belakangnya dengan 17 poin dan 5 rebound. Joel Embiid 14 poin plus 7 rebound saat LeBron James hampir dobel-dobel melalui 12 poin dan 9 asis. Anthony Davis turut berkontribusi dengan 13 poin dan 8 rebound. Kebin Durant menutup daftar dengan 11 poin plus 4 rebound. Davis dan Durant sama-sama memulai laga dari bangku cadangan 

Brasil hanya punya dua nama yang mencetak dua digit poin. Bruno Caboclo masih jadi poros utama permainan dengan 30 poin dan 5 rebound. Bruno memasukkan 13/20 tembakan selama 34 menit bermain. Bintang Brasil saat laga final Olympic Qualifying Tournament di Riga, Georginho De Paula, berkontribusi dengan 15 poin plus 8 rebound. 

Amerika Serikat akan menghadapi Serbia di semifinal. Ini jadi pertemuan ulangan laga pertama kedua tim di Olimpiade 2024 Paris. Kala itu, Amerika Serikat menang 110-84 atas Serbia. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar