Prancis melaju ke Semifinal Olimpiade 2024 Paris basket putra. Berhadapan dengan Kanada di Perempat Final, Prancis tampil dominan sejak tepis mula untuk menang dengan skor akhir 82-73. Prancis selalu dalam posisi unggul sejak tepis mula. 

Tim asuhan Vincent Collet ini sempat unggul sampai 19 poin. Jarak terdekat yang mampu dipangkas Kanada di sepanjang laga adalah lima poin. Laga berlangsung dengan penuh kontak fisik dan foul. Hasilnya, Prancis mendapatkan 42 tembakan gratis dan berhasil memasukkan 33 di antaranya (79 persen). Kanada sendiri mendapatkan 25 kesempatan dan masuk 18 kali (72 persen). 

Guerschon Yabusele muncul sebagai top skor Prancis dengan 22 poin dan 5 rebound. Yabusele hanya meleset sekali dari tembakan gratis (8/9). Isaia Cordinier menyusul dengan 20 poin dari 6/10 tembakan. Pemain Virtus Bologna ini memimpin Prancis untuk tripoin dengan 4/5 tembakan. Cordinier memasukkan separuh poinnya di kuarter pembuka, saat Prancis melaju (23-10). 

Evan Fournier menambahkan 15 poin selama 25 menit bermain dari bangku cadangan. Fournier memasukkan 12 dari keseluruhan poinnya di kuarter empat. Salah satu momen krusial juga dibuat Fournier yang mencetak tripoin dari hampir setengah lapangan saat laga tersisa 55 detuk. Mathias Lessort melengkapi dengan 13 poin hasil dari 9/14 tembakan gratis. 

Hanya ada dua pemain Kanada yang mencetak dua digit poin. Shai Gilgeous-Alexander masih jadi tumpuan dengan 27 poin, 5 rebound, 4 asis. R.J. Barrett adalah pemain kedua dengan 16 poin, 3 rebound, dan 3 asis. Kanada secara tim hanya memasukkan 5 dari 21 percobaan tripoin. Kanada secara keseluruhan juga hanya menembak 38 persen. 

Prancis kembali ke Semifinal Olimpiade seperti gelaran di 2020. Untuk Kanada, ini jadi kekalahan pertama dan terakhir mereka di Olimpiade kali ini. Sebelumnya Kanada menyapu bersih laga babak grup mereka. Prancis akan kembali jumpa Jerman di Semifinal. Sebelumnya, di babak grup, keduanya bertemu dan Jerman menang 85-71. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar