Serbia ke semifinal! Ini menjadi semifinal Olimpiade pertama Serbia dalam dua edisi terakhir. Serbia bangkit dan berhasil menghentikan Australia 95-90 melalui tambahan waktu (overtime).

Australia memang tampak meyakinkan di paruh pertama. Boomers (julukan Australia) bahkan memimpin hingga 24 poin. Tapi perubahan Serbia terjadi di babak berikutnya. Melalui pertahanan yang solid, Serbia memangkas margin dan mengambil alih kedudukan di pertengahan kuarter ketiga.

Pertandingan semakin memanas di kuarter terakhir dengan kondisi Australia yang selalu tertinggal. Patty Mills memperpanjang napas Australia dengan menyamakan kedudukan 82-82. Terjadi 4 pergantian kedudukan dan 2 skor imbang di babak tambahan. Serbia mampu menjaga momentum dengan melaju 18-8. Mereka pun memastikan langkah di semifinal.

Serbia mencatat 41 rebound. Sebanyak 15 offensive rebound menghasilkan 23 poin kesempatan kedua. Tim asuhan Svetislav Pesic itu mencatat akurasi 47 persen dari 36/77 tembakan.

Dari segi tembakan, Australia memang lebih produktif dengan 37 tembakan (74 percobaan). Tapi Serbia memanfaatkan 14/18 tembakan gratis dengan 9 tripoin tepat sasaran.

Nikola Jokic hampir tripel-dobel dengan 21 poin, 14 rebound, 8 asis, dan 4 steal. Bogdan Bogdanovic menyumbang 17 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Vasilije Micic 14 poin dan 6 asis. Ognjen Dobric dan Marko Guduric masing-masing 11 poin. Disusul Aleksa Avramovic 10 poin.

Kombinasi Patty Mills dan Josh Giddey menyumbang separuh dari poin Australia. Mills mencetak 26 poin dari 11/21 tembakan. Ditambah 3 rebound dan 2 steal. Giddey membukukan 25 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Jack McVeigh dengan 13 poin.

Semifinal akan berlangsung pada besok lusa. Serbia akan bertemu pemenang antara AS dan Brazil. (rag)

Foto: FIBA

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Tom Thibodeau Mencari Sosok Pengganti Isaiah Hartenstein
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine
Penampilan Memukau Dwight Howard di Dancing with the Stars
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Boban Marjanovic Resmi Tinggalkan NBA dan Kembali ke EuroLeague