Anthony Edwards: Olimpiade Lebih Seru Daripada Piala Dunia FIBA

| Penulis : 

Anthony Edwards memiliki kesempatan untuk menjadi bagian Timnas Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir. Baik itu di Piala Dunia FIBA 2023 dan Olimpiade Paris 2024. Pemain berjuluk Ant-Man itu lebih menyukai multievent.

Dalam wawancara dengan Marc J. Spears dari Andscpae, Edwards tidak ragu-ragu dengan pilihannya. Bukan soal hasil. Berlaga di Olimpiade membuat Edwards juga bisa bersenang-senang di cabang olahraga selain basket.

“Tentu saja (Olimpiade) jauh lebih menyenangkan. Saya bermain dengan pemain-pemain terhebat sepanjang masa. Pengalamannya juga jauh lebih baik karena saya bisa menonton pingpong atau tenis meja,” ujar pemain Minnesota Timberwolves itu.

Edwards masuk di roster Piala Dunia FIBA 2023. Tapi hasilnya tidak menyenangkan. AS di posisi empat. Kalah dari Jerman di semifinal. Jerman lalu jadi juara dunia. AS juga kalah dari Kanada dalam perebutan juara ketiga.

AS sendiri memang “tidak serius” di Piala Dunia FIBA. Mereka membawa roster pemain-pemain muda. Memang pemain NBA. Tapi bukan pemain top tier. Selain Edwards, saat itu AS membawa Jalen Brunson, Tyrese Haliburton, Polo Banchero, hingga Jaren Jackson Jr.

Setelah hasil di Piala Dunia FIBA 2023 di Manila, Filipina itu, AS “mengamuk”. Pemain-pemain veteran mengajukan keinginan untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Maka terciptalah tim yang kita lihat sekarang ini. Ada LeBron James, Kevin Durant, hingga Stephen Curry. Hanya Edwards dan Haliburton dari event sebelumnya.

Edwards bermain delapan gim di Piala Dunia FIBA 2023. Ia memimpin AS dengan rata-rata 18,9 poin, 4,6 rebound, dan 2,8 asis per gim. Sedangkan di babak penyisihan grup Olimpiade Paris 2024, Edwards mencatat 16,7 poin per gim.

AS melaju mulus di Olimpiade Paris 2024. Mereka mengalahkan Serbia, Sudan Selatan, dan Puerto Riko dan menjadi juara Grup C. Pada perempat final, AS bertemu dengan Brazil. (rag)

Foto: FIBA

Populer

Charles Barkley Tak Setuju Jika Pemain NBA Dikirim ke Olimpiade
Ekspansi NBA Ditunda Sampai Boston Celtics Terjual
Derek Fisher: NBA Modern Sama dengan WWE
Kisah JoJo dan RiRi yang Kandas Karena Bukan Pemain All-Star
Adrian Wojnarowski Pensiun Jadi Jurnalis
Tom Thibodeau Mencari Sosok Pengganti Isaiah Hartenstein
Rumor Baru, Clippers Masukkan Penawaran untuk Zach LaVine
Penampilan Memukau Dwight Howard di Dancing with the Stars
ESPN Incar Shams Charania atau Chris Haynes untuk Ganti Adrian Wojnarowski
Boban Marjanovic Resmi Tinggalkan NBA dan Kembali ke EuroLeague