Pelatih Amerika Serikat Noah Lyles memenangkan final lari 100 meter putra dan mendapatkan medali emas Olimpiade Paris 2024. Semua membicarakan tentang prestasinya, termasuk bintang Phoenix Suns, Devin Booker. Dia tetap memberikan pujian pada Noah Lyles, meski kurang setuju dengan komentarnya tentang NBA. 

Atlet lari Amerika berusia 27 tahun tersebut sempat menjadi perbincangan, khususnya bagi para penggemar NBA. Tahun lalu, setelah Lyles memenangkan final lari 100 meter di Kejuaraan Dunia di Budapest dan duduk di podium untuk konferensi pers pasca-perlombaannya, ia mempersoalkan fakta bahwa juara NBA sering disebut sebagai "World Champions".

Komentar itu menjadi viral, dengan pemain Amerika seperti Kevin Durant, Damian Lillard, dan Booker ikut memanaskan suasana di media sosial. Di sisi lain, pemain asli Yunani dan bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo, setuju dengan gagasan Lyles bahwa, dengan semua 30 tim NBA yang bermarkas di Amerika Utara, tim yang menang semuanya harus dianggap sebagai juara liga.

"Itu gila," kata Booker. "Maksudku, itu hebat untuk Amerika. Selamat untuknya (Noah Lyles)."

Namun jika berbicara tentang konteks komentar Lyles, Booker memberikan tanggapan berbeda.

"Saya tetap tidak setuju dengan komentar itu," kata Booker kepada The Athletic. "Saya merasa semua bakat terbaik di dunia ada di NBA, dan ini datang dari peraih medali emas Olimpiade (yang percaya) bahwa menjadi juara NBA mungkin lebih sulit dilakukan." 

Booker adalah tokoh tetap dalam topik ini. Ia tidak hanya memenangkan medali emas bersama Tim USA di Olimpiade Tokyo tahun 2021, saat tim Amerika menang 5-1 dalam turnamen tersebut dengan rata-rata menang 25,4 poin, tetapi ia juga merupakan pemain utama dalam tim Suns yang kalah dalam enam pertandingan melawan Milwaukee di Final NBA 2021 setelah memimpin seri dengan skor 2-0.

Meski begitu, kata Booker, dukungannya terhadap seorang rekan senegaranya lebih besar daripada sisa apa pun yang mungkin tersisa dari komentar Lyles. Booker bukan satu-satunya peserta basket putra Tim USA yang menyaksikan acara luar biasa itu secara langsung. Ia ditemani oleh direktur pelaksana tim dan mantan pemain NBA Grant Hill, asisten pelatih Tyronn Lue, dan rekan setimnya Joel Embiid dan Jayson Tatum .

"Itu luar biasa," kata Tatum tentang malam di Stade de France. "Itu adalah acara lintasan dan lapangan pertama saya."

Perlombaan ini dianggap oleh sebagian orang sebagai final lari 100 meter putra terbaik sepanjang masa, dan bukan hanya finisnya saja yang membuatnya begitu istimewa. Dalam menit-menit penuh ketegangan sebelum pistol start dibunyikan, ketika sekitar 80.000 penonton di Stade de France menyala di tengah pertunjukan cahaya ungu yang memukau, kedelapan pelari cepat menghadapi penundaan yang pastinya menguji nyali.

Beberapa saat kemudian, setelah kedelapan pria itu finis dalam waktu kurang dari 10 detik untuk pertama kalinya dalam sejarah dalam lomba lari 100 meter yang sah menurut hukum angin dan hanya dipisahkan oleh selisih 0,12 detik dari yang pertama hingga terakhir, kebingungan dan emosi terasa di seluruh tempat yang sangat besar itu ketika tidak jelas siapa yang menang. 

Lyles kini memiliki kesempatan untuk menjadi orang Amerika pertama sejak Carl Lewis pada tahun 1984 yang memenangkan medali emas pada nomor lari 100 dan 200 meter di Olimpiade yang sama (babak pertama lomba lari 200 meter dimulai Senin malam). Dan, terlepas dari apa pun sebutan untuk juara NBA, status Lyles sebagai pelari cepat jarak pendek terbaik di dunia tidak perlu diragukan lagi. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar