Pelita Jaya Jakarta memperpanjang nyawa mereka di Final IBL 2024. Menjamu Satria Muda Pertamina Jakarta di Indoor SC Tangerang, Pelita Jaya menang 82-70. Kedua tim kini imbang 1-1 dan akan memainkan Gim 3, esok hari, masih di tempat yang sama. 

Gim berjalan cukup ketat. Pelita Jaya yang tertinggal satu kemenangan mengambil inisiatif lebih dulu. Namun, akurasi kedua tim bisa dibilang tidak jauh berbeda, hingga membuat Pelita Jaya hanya unggul 17-12 di kuarter pembuka. 

Menyadari tak bisa membiarkan Pelita Jaya membangun momentum terlalu lama, giliran Satria Muda tampil kebih agresif di kuarter dua. Keduanya turun dengan komposisi terbaik masing-masing. Satria Muda lantas melaju (10-0) untuk memangkas jarak jadi tiga poin saja. Jarak ini yang bertahan sampai jeda antarbabak, Pelita Jaya unggul 38-35. 

Serupa dengan Gim 1, jeda antarbabak mengubah situasi cukup signifikan. Satria Muda menyerang lewat Reynaldo Garcia, Abraham Grahita, dan Artem Pustovyi di lima menit pertama lewat laju (19-15). Namun, Pelita Jaya berhasil mendapatkan momentum lagi setelah timeout. Bergantian, Anthony Beane Jr. dan K.J. McDaniels meledak di lima menit terakhir. Mereka melaju sembilan poin tanpa balas untuk menutup kuarter tiga dengan keunggulan 64-58. 

Pelita Jaya berhasil menjaga momentum dengan baik di 10 menit terakhir. Pertahanan Pelita Jaya mematikan Satria Muda dengan telak. Satria Muda hanya mencetak dua poin di lima menit pertama dan akhirnya menutup kuarter ini hanya dengan 12 poin dari 3/17 tembakan. Pelita Jaya pun menang 82-70. 

KJ muncul sebagai top skor Pelita Jaya dengan 25 poin, 5 rebound, 5 asis. KJ memasukkan 8/10 tembakan selama 34 menit bermain. Justin Brownlee dan Anthony Beane Jr. masing-masing mencetak 14 poin. Brownlee menambahkan 5 rebound sedangkan Beane punya 6 rebound dan 7 asis atas namanya. Agassi Goantara melengkapi daftar dengan 10 poin, 6 rebound, 5 asis. 

Satria Muda hanya punya tiga pemain dengan dua digit poin dan ketiganya adalah pemain asing. Garcia memimpin daftar dengan 19 poin. Pustovyi 17 poin, 9 rebound, dan 5 blok. Elgin Cook menutup daftar dengan 13 poin plus 5 rebound. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar