Cina belum habis. Mereka masih berpeluang lolos ke perempat final. Cina mengalahkan Puerto Riko 80-58. Hasil ini memastikan Puerto Riko nihil kemenangan di Olimpiade Paris 2024.

Keunggulan Cina terbangun sejak delapan menit pertama. Margin skor terus bertambah. Pertahanan Cina membuat Puerto Riko tidak bisa mencapai 20 poin di tiap kuarter. Hal itu membuat Cina melaju dengan nyaman sepanjang pertandingan.

Tim asuhan Weng Zei mengemas 27/60 tembakan. Termasuk 11 tripoin tepat sasaran. Mereka juga menahan Puerto Riko yang hanya bisa mencetak 22/70 tembakan. Cina memberi Puerto Riko defisit hingga 23 poin di kuarter terakhir.

Lima pemain Cina meraih dobel digit poin. Li Meng 18 poin, 5 rebound, dan 7 asis. Li Meng hanya memasukkan 4 tembakan tepat sasaran. Tapi ia meraih 7/8 tembakan gratis.

Li Yueru 14 poin dan 7 rebound. Ia mencetak 6/8 tembakan selama 28 menit. Wang Siyu 13 poin dan 4 rebound. Han Xu 10 poin dan 9 rebound. Huang Sijing 10 poin dan 8 rebound.

Puerto Riko mengandalkan Arella Guirantes sebagai pendulang poin terbanyak. Guirantes mengulpulkan 20 poin melalui 6/12 tembakan plus 7/12 tembakan gratis. Brianna Jones dengan 13 poin.

Cina bersaing dengan Australia dan Belgia untuk memperebutkan dua peringkat ketiga terbaik. Tidak hanya dari poin. Selisih skor mereka juga akan menentukan nasib mereka ke babak berikutnya.

Hasil ini lebih menurun dari Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu CIna menjadi juara grup dengan menyapu bersih tiga kemenangan. Cina menyelesaikan turnamen sebagai peringkat keenam. Mereka kalah oleh Serbia di perempat final. (rag)

Foto: FIBA

Komentar