Tim putra Jerman menyusul Kanada sebagai tim yang menyapu bersih seluruh laga babak grup. Menghadapi tuan rumah Prancis di laga terakhirnya, Jerman menang meyakinkan 84-71 yang memastikan mereka lolos ke Perempat Final sebagai juara Grup B. Prancis ada di belakang mereka sebagai runner-up. 

Pertahanan solid Jerman yang sangat fisikal membuat Prancis tak berkutik. Utamanya di kuarter dua saat Jerman berhasil menahan Prancis hanya mencetak sembilan poin. Tak berhenti di situ, Jerman membuka jarak 21 poin menuju jeda antarbabak. Franz Wagner dan Dennis Schroder sudah mencetak 31 poin di paruh pertama saat Prancis secara keseluruhan tim hanya membukukan 27 poin. 

"Pertahanan kami luar biasa," buka Gordon Herbert, kepala pelatih Jerman. "Utamanya di paruh pertama. Itu jadi alasan utama kami bisa langsung melesat meninggalkan mereka. Saya rasa kami melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk mematikan Wemby, Fournier, dan Batum. Ini adalah kerja keras satu tim, tidak ada perseorangan. Ini sungguh adalah keberhasilan satu tim," pungkasnya. 

Franz dan Schroder menutup laga sengan masing-masing mencetak 26 poin. Schroder memasukkan 10/17 tembakan dan memiliki catatan 4 rebound plus 9 asis atas namanya. Schroder juga memimpin tim untuk tripoin masuk dengan 4/7 tembakan. Franz menambahkan 5 rebound untuk catatannya hari ini. Ia menembak 8/15 secara keseluruhan. Tidak ada pemain Jerman lain yang menyentuh dua digit poin. 

Prancis sekali lagi mengandalkan Victor Wembanyama. Pemain yang akrab disapa Wemby ini dobel-dobel 14 poin plus 12 rebound selama 28 menit bermain. Ia memasukkan 5/11 tembakan. Evan Fournier dan Isaia Cordinier masing-masing membantu dengan sumbangsih 10 poin. 

Untuk laga perempat final, seluruhnya akan diundi ulang. Namun, tim-tim disesuaikan dengan peringkat akhir mereka di babak grup sehingga juara grup tidak mungkin berjumpa di perempat final. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar