Peluang Jepang untuk lolos perempat final Olimpiade Paris 2024 memang masih terbuka. Tetapi berat. Mereka memiliki kesempatan untuk bersaing di peringkat ketiga terbaik. Masalahnya, Jepang tidak akan diperkuat Rui Hachimura di gim krusial melawan Brazil hari ini.

Pemain Los Angeles Lakers itu mengalami cedera betis kiri. Dalam keterangan resminya yang dilansir melalui laman Basket News, Hachimura kecewa karena tidak bisa tampil saat timnya menatap laga penting.

“Karena cedera saya perlu segera ditangani, dengan berat hati saya sampaikan bahwa saya tidak dapat lagi menemani tim sesuai dengan aturan NBA/FIBA. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para penggemar yang telah mendukung kami di lokasi, seluruh dunia, dan di Jepang,” kata Hachimura.

Hachimura akan meninggalkan timnas Jepang untuk perawatan lebih lanjut. Dari informasi Federasi Basket Jepang, Hachimura merasa tidak nyaman dengan betis kirinya setelah gim melawan Prancis. Dari hasil MRI memperlihatkan adanya cedar betis lebih tepatnya di gastrocnemius muscle.

Hachimura tidak bisa tampil penuh saat melawan Prancis pada Selasa (30/7) lalu. Jepang kalah dramatis 90-94 melalui perpanjangan waktu, Hachimura keluar di awal kuarter keempat karena dua unsportsmanlike foul.

Dalam pertandingan tersebut, Hachimura 24 poin dan 3 rebound. Ia mencatat 10/16 tembakan selama 28 menit. Hachimura meraih rataan 22 poin dan 6,5 rebound dalam dua gim di Olimpiade Paris 2024.

Untuk bisa mengamankan posisi ketiga terbaik, Jepang harus mengalahkan Brazil. Kekalahan Jepang lainnya dari Jerman 77-97. Untuk sementara ini, Jepang bersaing dengan Spanyol dan Sudan Selatan. Hanya dua tim peringkat ketiga terbaik yang bisa lolos.

“Saya dan rekan-rekan setim, kami telah menyajikan pertandingan yang sangat bagus untuk menunjukkan kualitas bola basket Jepang. Saya bangga menjadi bagian dari tim ini. Timnas Jepang akan terus berjuang meraih kemenangan melawan Brazil. Jadi, mohon terus berikan dukungan,” imbuhnya. (rag)

Foto: FIBA

Komentar