Amerika Serikat menyusul Jerman sebagai perwakilan lolos langsung ke babak selanjutnya dari Grup C. Kepastian ini mereka dapatkan setelah mengalahkan Belgia 87-74 Kamis (1/8), waktu setempat. Kemenangan ini memperpanjang rekor tim putri Amerika Serikat yang belum sekalipun kalah di 57 laga terakhir mereka. 

Meski menang, Amerika Serikat benar-benar dibuat tak nyaman oleh Belgia. Kepala pelatih Amerika Serikat, Dawn Staley, bahkan dipaksa menurunkan dua pemain terbaiknya, A'ja Wilson dan Breanna Stewart dengan menit yang tinggi. 

Wilson bermain 34 menit dan membukukan dobel-dobel 23 poin, 13 rebound, dan 3 asis. Pemain Las Vegas Aces ini memasukkan 9/17 tembakan. Stewart bermain satu menit lebih lama dan menjadi top skor tim dengan 26 poin, 7 rebound, dan 5 asis dari 8/14 tembakan. Hahya dua nama ini yang membukukan dua digit poin. Amerika Serikat hanya melepaskan 14 tripoin sepanjang laga. 

Perlawanan Belgia dipimpin oleh Emma Meesseman. Pemain Fenerbahce ini mencetak 24 poin dari 11/19 tembakan. Juara WNBA 2019 bersama Washington Mystics ini bermain total 38 menit. Bantuan untuk Meesseman datang dari Antonia Delaere dengan 16 poin, 5 rebound, dan 8 asis. Julie Vanloo menutup daftar dengan 11 poin, 4 rebound, plus 5 asis. 

Belgia akan jumpa Jepang di laga terakhir. Peluang keduanya untuk lolos sebagai peringkat tiga terbaik cukup tipis seiring dengan kekalahan-kekalahan besar yany mereka dapatkan di dua laga sebelumnya. Amerika Serikat akan melawan Belgia untuk penentuan juara Grup C. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar