Satria Muda Pertamina Jakarta mengamankan Gim 1 Final IBL 2024. Menjamu Pelita Jaya Jakarta di Mahaka Arena, Satria Muda tampil tangguh di paruh kedua untuk menang dengan skor 84-71. Kemenangan ini membuat Satria Muda menyapu bersih seluruh laga kandang mereka di Playoff (3-0). 

Gim berlangsung sengit sejak tepis mula. Satria Muda melakukan pendekatan menarik dengan menggunakan pertahanan zona 3-2 sejak serangan pertams Pelita Jaya. Namun, mereka tampak tak sepenuhnya siap dengan pola pertahanannya sendiri. Hasilnya, banyak ruang terbuka, utamanya untuk Justin Brownlee yang memasukkan tiga tripoin di 10 menit pertama. 

Kuarter dua, Satria Muda semakin membaik dan agresif. Mereka memasukkan 50 persen (9/18) tembakan dan total 24 poin. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya datang dengan konsep fastbreak, serangan cepat yang dipimpin oleh Reynaldo Garcia. Reynaldo mencetak 12 poin di kuarter ini. 

Jeda antarbabak ternyata menjadi titik balik Satria Muda. Setelah unggul (23-19) di kuarter tiga, Satria Muda melaju 12 poin tanpa balas di awal kuarter empat. Laju ini langsung mematikan upaya Pelita Jaya mengejar. Di sisa tiga menit, Pelita Jaya mulai memasukkan pemain cadangan mereka di sisa tiga menit terakhir. 

Reynaldo Garcia menutup laga dengan 25 poin, 9 rebound, dan 8 asis dari 9/15 tembakan. Artem Pustovyi menambahkan 16 poin dan 8 rebound. Abraham Grahita 14 poin plus 4 rebound dari bangku cadangan. Abraham memimpin Satria Muda dengan 3/7 tripoin. Elgin Cook melengkapi dengan 11 poin dan 9 rebound. Dari Pelita Jaya, tiga nama mencetak dua digit poin. Anthony Beane Jr. 15 poin, sementara Justin Brownlee dan K.J. McDaniels masing-masing 14 poin. Brownlee tak mencetak poin selama kuarter empat. 

Gim 2 akan digelar lusa, di kandang Pelita Jaya, Indoor SC Tangerang. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

 

Komentar