Australia meraih kemenangan pertamanya di Olimpiade Paris 2024. Kemenangan ini membuka peluang Australia untuk lolos ke perempat final. Australia menang 70-61 dan memberi kekalahan kedua bagi Kanada.

Australia sempat tertinggal lima poin dari Kanada di awal pertandingan. Baru pada pertengahan kuarter kedua Australia bisa mengambil alih. Tim asuhan Sandy Brondello itu tidak terkejar di dua kuarter berikutnya.

Australia mencatat keunggulan tertinggi hingga 13 poin di paruh kedua. Mereka melaju cukup nyaman meski Kanada memangkas hingga lima poin di penghujung pertandingan.

Keunggulan Australia datang dari 40 poin dari paint area. Mereka membukukan mencatat akurasi 48 persen dari 29/61 tembakan. Australia tampil lebih baik meski masih mencatat turnover cukup tinggi dengan 20 turnover.

Sami Whitcomb mencetak dobel-dobel 19 poin, 10 asis, 5 rebound, dan 2 steal. Whitcomb membuat 7/10 tembakan selama 34 menit. Steph Talbot, Marianna Tolo, dan Cayla George masing-masing dengan 11 poin. Disusul Ezi Magbegor dengan 10 poin.

Dari kubu Kanada, ada Bridget Carleton dengan 19 poin, 8 rebound, dan 4 asis.  Carleton melesakkan 5/7 tripoin. Kia Nurse membantu dengan 12 poin selama 23 menit. Kayla Alexander membantu dengan 10 poin dan 5 rebound.

Sebelumnya Australia menelan kekalahan dari Nigeria. Australia menyisakan satu gim melawan Prancis pada Minggu (4/8). Peluang Australia masih terbuka jika mereka bisa mengalahkan Prancis dan Nigeria kalah di gim berikutnya oleh Kanada. (rag)

Foto: FIBA

Komentar