Jayson Tatum akhirnya bermain di Olimpiade Paris 2024. Tepatnya di gim kedua Amerika Serikat pada Kamis (1/8) dini hari saat mengalahkan Sudan Selatan. Di gim sebelumnya, Tatum tidak dimainkan.

Tidak hanya Tatum. Pada gim melawan Serbia itu, Tyrese Haliburton juga tidak melantai. AS menang 110-84 pada Minggu (28/7) di Pierre Mauroy Stadium, Lille.

Pelatih Steve Kerr akhirnya memilih Tatum menjadi starter melawan Sudan Selatan. Setelah kemenangan 103-86 atas Sudan Selatan dini hari tadi, Tatum berbicara mengenai hal yang ia rasakan saat hanya duduk manis di bangku cadangan di gim pertama.

“Ini situasi yang unik. Ini bukan tentang satu pemain, dari dalam diri yang terdalam pastinya saya ingin bermain (lawan Serbia). Tapi saya di sini bukan untuk diri saya sendiri,” ujar pemain Boston Celtics tersebut.

“Saya memenangkan NBA, mendapat kontrak baru, menjadi sampul untuk NBA 2K25, Sports Illustrated. Jasi setelah semua hal tersebut, ini merupakan pengalaman yang merendahkan hati,” lanjutnya.

AS menurunkan starter yang berbeda melawan Sudan Selatan. Selain Tatu, ada Devin Booker, Anthony Davis, LeBron James, dan Stephen Curry. Semua mendapat giliran kecuali Joel Embiid yang tidak dimainkan.

Tatum bermain selama 17 menit. Ia mencatat 2/5 tembakan. Hanya 4 poin plus 5 rebound dan 2 asis. Bam Adebayo yang memulai dari bangku cadangan meraih poin terbanyak AS dengan 18 poin dan 7 rebound.

Terlepas dari perannya di AS, Tatum tetap senang timnya menang dan memastikan diri ke perempat final. “Kami menang. Senang rasanya bisa kembali ke lapangan dan bermain lagi karena ada banyak pembicaraan tentang hal itu selama beberapa hari terakhir.”

Babak penyisihan grup tinggal sekali lagi. AS akan berhadapan dengan Puerto Riko pada Sabtu (3/8) mendatang. Sedangkan Serbia melawan Sudan Selatan. Mereka berebut tiket kedua ke perempat final. (rag)

Foto: FIBA

Komentar