Dari arena Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga 3x3, tim Amerika Serikat belum mendapatkan kemenangan hingga hari kedua. Tim putra kalah dari Serbia dan Polandia. Sedangkan tim putri yang berstatus juara bertahan juga sudah menelan dua kekalahan. 

Tim 3x3 putra AS diperkuat mantan pemain NBA Jimmer Fredette, bersama tiga rekannya yaitu Canyon Barry, Kareem Maddox, dan Dylan Travis. Di laga pertama, mereka disapu Serbia yang menjadi peringkat pertama di turnamen ini, dengan skor 14-22, dalam waktu kurang dari delapan menit. Kemudian di hari kedua AS kalah dari Polandia dengan skor 17-19. Polandia adalah tim peringkat kedelapan dalam turnamen 3x3 Olimpiade Paris 2024. 

Di sektor putri, Tim AS menurunkan empat pemain terbaiknya, yaitu Cierra Burdick, Dearica Marie Hamby, Rhyne Howard, dan Hailey Van Lith. Tim putri AS berstatus sebagai juara bertahan, karena mereka mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo. Namun status juara bertahan tidak cukup untuk membuat mereka tampil bagus di Paris. 

Pada pertandingan pertama, tim putri AS kalah dari Jerman dengan skor 13-17. Tim putri Jerman tampil lebih akurat dengan mencetak empat tembakan bernilai dua poin di pertandingan tersebut. Kemudian di laga kedua, secara mengejutkan tim putri AS kalah dari Azerbaijan dengan skor 17-20. Azerbaijan punya Tiffany Hayes yang tampil dominan dengan mencetak 11 poin dan 7 rebound saat melawan AS. 

Babak penyisihan 3x3 Olimpiade Paris 2024 menggunakan sistem round-robin. Sehingga delapan tim akan saling berhadapan untuk memperebutkan enam tempat terbaik di klasemen. Peringkat pertama dan kedua akan langsung melaju ke semifinal. Lalu empat tim sisanya akan berhadapan di play-in, untuk memperebutkan dua tiket ke semifinal. Dengan hasil ini, tim AS baik putra dan putri sekarang ada di posisi juru kunci klasemen. (*) 

Foto: fiba3x3.com

Komentar