Tim Amerika Serikat tampaknya tidak ingin perdebatan terus berlanjut. Mereka sempat hampir kalah dari Sudan Selatan di laga uji coba. Namun pada laga keduanya di Olimpiade Paris 2024, AS menang 103-86 atas Sudan Selatan, Kamis (1/8) waktu setempat. Dengan rekor 2-0, Tim AS sudah dipastikan melaju ke babak perempat final. 

Jayson Tatum masuk dalam susunan pemain inti dalam pertandingan ini, setelah absen pada pertandingan sebelumnya. Anthony Davis juga menjadi starter, Tyrese Haliburton bermain selama enam menit di babak pertama, yang berarti satu-satunya pemain yang dicadangkan selama 40 menit adalah Joel Embiid. 

LeBron James, Kevin Durant dan semua bintang lainnya terus menyerang, unggul dua digit pada kuarter pertama dan tidak pernah menoleh ke belakang. Keunggulan terbesar adalah 21 poin, tetapi Sudan Selatan mencoba bangkit, memperkecil selisih menjadi 11 poin pada kuartal ketiga. 

Bam Adebayo masuk dari bangku cadangan dan langsung menghasilkan serangan bagi pelatih Kerr, memperoleh 14 poin dengan 6-dari-6 tembakan, termasuk dua lemparan tiga angka dari kedua sudut, pada babak pertama saja. Adebayo menyelesaikan laga dengan torehan 18 poin. Kevin Durant sekali lagi masuk sebagai pemain keenam dan mengumpulkan 14 poin dengan tembakan 2-dari-5, serta membuat 8-dari-9 dari garis tembakan gratis. 

"Kami sudah lama menyebut diri sebagai pemain cadangan. Tidak peduli siapa yang ada di dalam susunan pemain, kami selalu bisa menemukan jawabannya," kata Bam Adebayo berbicara tentang unit kedua.

LeBron James memperoleh 12 poin, melampaui rekor 300 poin sepanjang kariernya dalam sejarah Olimpiade. Untuk mencapai Top 10 sepanjang masa, ia harus memperoleh lebih dari 461 poin, sementara Oscar Schmidt adalah satu-satunya pemain dengan lebih dari 1.000 poin Olimpiade.

"Sekarang tim-tim menjadi lebih baik. Tantangan untuk tampil, bermain, dan berkompetisi setiap malam membuatnya menyenangkan. Anda tidak menginginkan sesuatu yang mudah. ??Namun, kami jelas dapat bermain jauh lebih baik di kedua pertandingan. Ini akan sulit, tetapi jelas kami semua, 12, adalah pemain terbaik di dunia, jadi kami dapat melakukannya. Kami hanya harus bermain bagus," kata Anthony Davis. 

Selanjutnya, Amerika Serikat akan berhadapan dengan Poerto Riko pada hari Sabtu (3/8) waktu Prancis. Amerika Serikat dengan rekor 2-0 menempati peringkat pertama di Grup C, dan sudah mengunci tiket ke perempat final. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar