Heart over height. Itulah yang ditunjukkan Yuki Kawamura di Olimpiade Paris 2024. Tepatnya dalam pertandingan Jepang melawan Prancis di Pierre Mauroy Stadium, Lille. Meski Jepang akhirnya kalah 90-94, Kawamura tetap mencuri perhatian.

Kawamura menjadi motor serangan Jepang. Ia menjadi top skor gim dengan 29 poin, 7 rebound, dan 6 asis plus satu steal. Kawamura membuat 26 percobaan dengan 9 tembakan tepat sasaran. Sebanyak 6 diantaranya adalah tripoin. Plus sempurna dalam 5 tembakan gratis.

Baca juga: Kewalahan Hadapi Gempuran Jepang Hingga OT, Prancis Beruntung Ada Strazel

Pada kuarter pertama saja, Kawamura mencapai 10 poin. Setelah Rui Hachimura dikeluarkan oleh wasit, Kawamura mengambil alih. Jepang sempat memimpin 84-80 di sisa 10 detik waktu normal. Kawamura menyumbang 6 dari 16 tripoin yang dibukukan Jepang.

Statistik Kawamura itu membuatnya menjadi pemain ketiga yang mencatat kombinasi 25+ poin, 5+ rebound, dan 5+ asis dalam satu gim di Olimpiade di abad ke-21. Pemain sebelumnya dengan raihan serupa adalah Kevin Durant dan Luol Deng.

KD melakukannya di Olimpiade Rio 2016. Tepatnya saat Amerika Serikat mengalahkan Argentina 105-78 di perempat final. KD meraih 27 poin, 7 rebound, dan 6 asis. Pemain yang saat ini berseragam Phoenix Suns itu membuat 7/9 tripoin dalam 28 menit.

Luol Deng menjadi pemain pertama yang meraih statistik tersebut. Luol Deng membela Britania Raya di Olimpiade London 2012. Pemain kelahiran Wau, Sudan (sekarang menjadi Sudan Selatan) itu meraih 26 poin, 9 rebound, dan 7 asis saat Britania Raya kalah tipis 78-79 dari Spanyol.

Kawamura gagal membendung tripoin Matthew Stazel, yang membuat Jepang kehilangan momentum. Ditambah satu tembakan gratis karena Kawamura dinilai melakukan foul. Di tambakan waktu, Jepang kalah.

“Saya pikir tidak ada foul. Tapi Strazel adalah penembak yang bagus. Itu tadi tembakan yang sulit dan dia berhasil melakukannya. Kami kalah. Saya harus bisa lebih baik,” kata Kawamura dilansir melalui Basket News.

Kawamura masih berusia 23 tahun. Ia berlaga di B. League dengan Yokohama B-Corsairs sejak 2020. Ia menjadi Rookie of the Year dan MVP 2023. Tahun inI Kawamura mendapat Exhibit 10 dari Memphis Grizzlies dan memiliki peluang tampil di G-League musim mendatang. (rag)

Foto: FIBA

Komentar