Jerman memastikan diri lolos ke fase gugur.  Juara Dunia 2023 itu melesat di atas Brazil 73-86 di Pierre Mauroy Stadium, Lille. Jerman telah mengantongi dua kemenangan di Grup C. Mereka menyisakan satu gim lagi untuk penentuan juara grup melawan Prancis.

Jerman nyaris unggul di sepanjang pertandingan. Brazil memberi pertengahan di akhir kuarter kedua dengan laju 30-18. Tapi momentum itu tidak bertahan lama, Jerman memanas lagi di kuater ketiga.

Jerman mengambil alih dua kuarter berikutnya dengan margin tertinggi 16 poin. Jerman mendominasi dengan 31/61 tembakan. Kedua tim sama-sama mencetak 10 tripoin tepat sasaran. Jerman mengombinasikan dengan 36 poin di paint area.

Baca juga: Kewalahan Hadapi Gempuran Jepang Hingga OT, Prancis Beruntung Ada Strazel

Dennis Schroder memimpin Jerman dengan 20 poin melalui 4/9 tripoin. Pemain Toronto Raptors itu juga membuat 3 rebound, 6 asis, dan 4 steal selama 31 menit. Franz Wagner meraih 17 poin, 4 rebound, 3 asis, dan 4 steal. Isaac Bonga mengumpulkan 15 poin dari 6/8 tembakan. Andrea Obst menyumbang 14 poin selama 26 menit.

Dari kubu Brazil, ada Yago Santos yang memberikan 18 poin, 4 rebound, 8 asis, dan 2 steal. Santos bermain selama 29 menit dengan 7/10 tembakan. Vitor Benite menghasilkan 17 poin. Ia sempurna dama 4 tembakan gratis.

Sebelumnya Jerman mengalahkan Jepang 97-77. Dua kemenangan dan skor tersebut membuat Jerman di puncak Grup C. Unggul selisih skor dari Prancis. Jika bisa mengalahkan Prancis pada Jumat (2/8), Jerman bisa menjadi juara grup.

Sedangkan Brazil akan melawan Jepang. Saat ini Jepang di posisi kedua runner up terbaik. Jika Jepang mengalahkan Brazil, Jepang akan lolos ke fase berikutnya. Hanya dua runner up terbaik yang melaju ke perempat final. (rag)

Foto: FIBA

Komentar