New York Knicks sedang membangun kekuatan yang lebih baik untuk NBA musim 2024-2025. Tetapi ada sosok Jalen Brunson yang kini jadi sorotan. Dia rela dipotong gajinya agar Knicks bisa mendapatkan pemain lain. Keputusan tersebut mendapatkan tanggapan dari legenda NBA Reggie Miller, dan bintang Golden State Warriors Draymond Green. 

Knicks mengawali langkah pembangunan tim barunya dengan perpanjangan kontrak OG Anunoby selama 5 tahun senilai 212,5 juta dolar Amerika. Mereka juga mendapatkan Mikal Bridges dari Brooklyn Nets. Lalu, Knicks mengikat Jalen Brunson dengan kontrak empat tahun senilai 156 juta dolar Amerika. Di sinilah letak permasalahannya. Bruson rela memangkas gajinya sampai 113 juta dolar Amerika, dengan harapan Knicks bisa mendapatkan center yang bagus. 

Baca juga: Pengorbanan Jalen Brunson Demi Menjaga Keutuhan Knicks

Sebuah langkah luar biasa yang diambil Brunson, yang mendapatkan pujian dari legenda NBA Reggie Miller. Dalam wawancara di USA Today Sports, legenda Indiana Pacers ini menyoroti bagaimana Knicks telah mengerahkan segenap kemampuan, mendatangkan empat pemain dari Villanova ke dalam tim. 

"Lihat, Knicks menang dan terus menang di luar musim. Dan, orang-orang perlu memahami seberapa besar kekompakan tim menjadi faktor kemenangan," kata Miller. 

"Saya tidak lagi menyebut mereka New York Knicks, mereka adalah Nova Knicks," tambah Miller. "Khususnya, tim tersebut telah memiliki Jalen Brunson, Josh Hart, dan Donte DiVincenzo yang ketiganya dari Villanova Wildcats. Dan, sekarang Bridges telah menjadi tambahan lain karena ia akan bersatu kembali dengan teman-temannya di Villanova."

Tetapi Miller secara khusus menyebut Brunson sebagai bintang sejati. Karena apa yang dia lakukan sekarang membuktikan bahwa Brunson ingin Knicks menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Jika mereka bisa mendatangkan center yang bisa bekerja sama dengan empat mantan pemain Villanova Wildcats tersebut, maka peluang Knicks jadi penantang gelar musim depan semakin besar. 

Keputusan Brunson untuk menurunkan nilai kontraknya juga mendapat tanggapan dari Draymond Green. Bahkan bintang Warriors ini mengatakan Brunson telah meniru dirinya. Green pada musim 2023-2024 menandatangani kontrak empat tahun senilai 100 juta dolar Amerika. Padahal dia bisa saja mendapatkan 180 juta dolar Amerika. 

"Dia (Brunson) meniru saya," kata Green dalam podcast Club 520. "Dia bisa saja mencari keamanan finansial pribadi, dengan terus memaksakan nilai kontrak maksimal. Tapi menurut saya, ada risiko besar ketika kita punya kontrak maksimal. Sehingga saya lebih suka menerima uang yang lebih kecil, untuk membantu keamanan finansial tim."

Tapi Green juga mengkritik keputusan Brunson kurang tepat. Mengingat NBA baru saja menandatangani kesepakatan media yang nilainya fantastis. Green yakin para pemain akan mendapatkan bayaran lebih tinggi. "Tidakkah mereka menyadari bahwa akan ada uang dari TV? Kesepakatan akan semakin besar," tambah pemain veteran tersebut. 

Sejauh ini, Brunson belum menjelaskan, mengapa dirinya rela menurunkan nilai kontrak. Tetapi yang jelas, dengan keputusan tersebut, Knicks memiliki ruang gaji yang lebih besar. Mereka sedang mencari pemain besar untuk melengkapi tim barunya, yang sebagian besar diisi mantan pemain Villanova Wildcats. (*)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar