Atlet basket profesional Chase Budinger mewujudkan impian Olimpiade pada hari Senin, dengan memenangkan pertandingan voli pantai di bawah Menara Eiffel. Ia dan rekannya Miles Evans dengan cepat mengalahkan duo Prancis, memenangkan pertandingan pembukaan Olimpiade mereka dalam dua set, 21-14 dan 21-11. Kegembiraan Budinger bertambah dengan dukungan dari LeBron James. 

Perjalanan ke Paris sungguh mengasyikkan bagi Budinger dan Evans, dan mereka menikmati setiap momennya, berbaur dengan sesama atlet, terutama pemain NBA di Tim USA.

"Sangat, sangat mengagumkan melihat rasa hormat yang mereka berikan kepadanya," kata Evans kepada NBC News. "Rasanya, seperti, wow, sungguh, seperti orang ini adalah rekan saya?" 

Ketika mereka bertemu James, pencetak skor terbanyak NBA, ia tampak terkejut saat bertemu Budinger di Prancis.

"LeBron seperti melihat dua kali," kata Budinger. "Dia seperti berjalan lewat, dan saya meneriakkan namanya, dan dia menoleh, dan berkata, 'Chase? Apa?'"

Budinger mengatakan dia dan Evans mengobrol di bus menuju pertandingan, mengingatkan diri mereka untuk tetap tenang setelah mereka menginjak pasir di bawah Menara Eiffel, di mana stadion voli darurat dan kerumunan yang bermusuhan menyambut mereka.

"Pertandingan pertama yang saya ikuti di NBA dan ini terjadi," katanya. "Saya bermain buruk. ... Dan salah satu tembakan saya melambung. Jadi, rasa gugup memengaruhi permainan saya. Saya merasa bisa mendapatkan beberapa poin lebih awal, dan itu semacam meredakan sebagian stres itu."

Foto: NY Post

Budinger dan Evans memasuki  turnamen ini sebagai duo peringkat 13 dunia, dan lawan mereka dari Prancis di peringkat 34. Persaingan semakin ketat bagi pasangan Amerika, karena mereka akan berhadapan dengan pasangan peringkat 5, Stefan Boermans dan Yorick de Groot dari Belanda, pada hari Selasa, dan tim peringkat 17 Spanyol yang terdiri dari Pablo Herrera dan Adrinn Gavira pada hari Jumat.

Tim bola voli pantai Amerika Serikat diperkuat oleh Chase Budinger di Olimpiade Paris 2024. Budinger merupakan mantan pemain NBA yang pensiun pada tahun 2017, setelah bermain tujuh musim kompetisi. Setelah pindah cabor (cabang olahraga), Budinger akhirnya bisa membela negaranya di Olimpiade. 

Chase Budinger bermain selama total tujuh musim di NBA dengan empat tim, yaitu Houston Rockets, Minnesota Timberwolves, Indiana Pacers, dan Phoenix Suns. Sebelum pensiun pada tahun 2017, Budinger tidak pernah mewakili Amerika Serikat dalam kompetisi bola basket Olimpiade. Namun setelah beralih ke voli pantai, dia bisa berangkat ke Paris membela Amerika Serikat di ajang tersebut. 

Foto: YahooSports

Budinger memang tidak terkenal di NBA, tetapi dia punya nama besar sebagai pemain basket di University of Arizona dan SMA di La Costa Canyon. Sebagai pemain depan dengan tinggi 2,01 meter, ia merupakan tambahan kekuatan di lini kedua untuk tim-tim NBA. Kemampuan atletiknya tentu saja membantunya saat bermain bola voli, tetapi transisinya tidak pernah mudah.

Pada tahun 2009, Budinger direkrut oleh Detroit Pistons, dan kemudian diperdagangkan ke Houston Rockets pada malam draft. Selama NBA Lockdown tahun 2011, Budinger bermain untuk tim Rusia PBC Lokomotiv-Kuban. Budinger berkompetisi di Slam Dunk Contest 2012 , di mana ia melakukan dunk di atas P. Diddy, slam wheelhouse, dan dunk terbalik dengan mata tertutup untuk menghormati mantan pemenang Slam Dunk Contest Cedric Ceballos. Namun, ia akhirnya kalah dari Jeremy Evans. 

Budinger bersama dengan hak untuk Lior Eliyahu, diperdagangkan ke Minnesota Timberwolves untuk pilihan kedelapan belas dalam draft NBA 2012. Budinger bermain untuk T-Wolves hingga tahun 2025. Dia lantas diperdagangkan ke Indiana Pacers dengan imbalan Damjan Rudez. Pada tanggal 8 Maret 2016, Budinger menandatangani kontrak dengan Phoenix Suns yang menjadi tim NBA terakhirnya. 

Pada tahun 2017, Budinger memutuskan untuk pensiun dari basket untuk fokus bermain voli pantai profesional. Ia memulai debutnya di tur AVP dengan Sean Rosenthal pada tahun 2018. Budinger, bersama dengan mitra voli pantai Miles Evans lolos ke Olimpiade Paris 2024. Budinger menjadi satu-satunya orang yang memainkan pertandingan musim reguler di NBA dan voli pantai Olimpiade. (*)

Foto: NBA News

Komentar