Tim putri Prancis digdaya atas Kanada 75-54 di Olimpiade Paris 2024. Prancis mengamankan gim pertamanya di Grup B. Skor tersebut membuat mereka berada di puncak untuk sementara mengungguli Nigeria.

Prancis mengambil alih sejak awal kuarter kedua. Tim asuhan Jean Aime Toupane itu menang nyaman di akhir laga. Prancis mendominasi melalui 30/70 tembakan. Mereka memimpin hingga 23 poin di penghujung laga.

Sementara Kanada tak berdaya. Setelah mencetak 18 poin di kuarter pertama, kejatuhan Kanada dimulai. Hanya mencetak dua poin di kuarter tersebut. Akurasi mereka buruk dengan hanya 32 persen (17/53 tembakan).

Dominasi Prancis membuat mereka memberi kesempatan pemainnya berlaga. Semua pemain aktif mencetak angka. Pemain cadangan Prancis mencatat 36 poin.

Marieme Bandiane menjadi pencetak poin terbanyak untuk Prancis. Bandiane memperoleh 13 poin dan 6 rebound. Ia melesakkan 6/14 tembakan. Gabby Williams membantu dengan 5/10 tembakan selama 24 menit. Williams raih 12 poin, 3 rebound, 8 asis, dan 5 steal.

Dari kubu Kanada, ada Shay Colley dengan 11 poin, 3 rebound, dan 6 asis. Ia membukukan 4/11 tembakan. Begitu juga dengan Kia Nurse yang mengumpulkan 11 poin dari 4/9 tembakan.

Prancis akan menyambut tantangan Nigeria di pertemuan berikutnya pada Kamis (1/8). Sedangkan Kanada berhadapan dengan Australia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar