Diam-diam Golden State Warriors menghimpun kekuatan. Selama satu dekade terakhir, Jerry Stackhouse telah menjadi salah satu asisten pelatih terbaik di NBA dan NCAA. Setelah lima tahun bekerja di Vanderbilt, Stackhouse akhirnya kembali ke NBA sebagai asisten pelatih Golden State Warriors, tim yang menjadi incarannya. 

Jerry Stackhouse bermain di NBA selama 18 tahun. Selama waktunya di liga, ia memainkan banyak peran penting di tim. Dia adalah pemain All-Star, senjata andalan di babak playoff, dan pemimpin ruang ganti. Sejak gantung sepatu basket, Stackhouse mulai menekuni pekerjaan dan menjadi pelatih. 

Bagi Stackhouse, kesempatan untuk bergabung dengan Warriors datang di saat yang tepat. Ia sudah lima tahun meninggalkan NBA, tetapi jika ia memenuhi kontraknya dengan Vanderbilt, kontraknya akan lebih lama lagi.

Stackhouse melatih Vanderbilt selama lima musim terakhir. Sebelum beralih ke NCAA, mantan pemain sayap Dallas Mavericks ini memulai kariernya sebagai asisten pelatih untuk Toronto Raptors pada tahun 2015. Namun, posisi pelatih kepala pertamanya datang dari afiliasi D-League Raptors, Raptors 905. Stackhouse memenangkan penghargaan Pelatih Terbaik D-League pada tahun 2017.

Dalam wawancara dengan Anthony Slater dari The Athletic, Jerry Stackhouse terbuka tentang apa arti bergabung dengan Golden State Warriors baginya. "Golden State akan menjadi pilihan utama saya," kata Stackhouse. "Saya rasa waktunya tidak akan lebih tepat bagi saya. Karena, jika saya memenuhi kontrak dengan Vanderbilt, maka saya akan meninggalkan NBA selama sembilan atau 10 tahun." 

Steve Kerr akan mendapatkan bantuan dari seorang mantan bintang NBA, pemain yang bisa memahami seluk beluk bangku cadangan. Warriors memiliki daftar pemain yang jauh dari kata sempurna. Para pemain dan pelatih mengetahuinya. Namun, yang mereka miliki adalah sebuah masalah besar yang seharusnya membuat takut tim mana pun yang mereka hadapi.

Warriors mengincar tempat playoff setelah musim yang mengecewakan di mana mereka gagal masuk postseason untuk kedua kalinya dalam lima tahun. Kepemimpinan Stackhouse dan kewibawaannya menjadi pertanda baik bagi tim Warriors yang membutuhkan peningkatan. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar