Victor Wembanyama membuat debut sensasional di Olimpiade. Ia membawa Prancis menumbangkan Brazil. Ternyata Wemby (sapaan akrabnya) melalui hari-hari yang tidak tenang. Pelatih Prancis Vincent Collet mengungkapkan Wemby sempat stres menjelang Olimpiade.

“Untuk pertama kali dalam kariernya, dia sedikit stres sepekan ini. Tiga hari sebelum pertandingan, saya melihatnya demikian. Jadi kami berbicara dan semua orang di sekitarnya, rekannya, seluruh staf, kami mencoba membantunya. Dia sangat dewasa dan membaik hari demi hari,” ungkap Collet melalui Basket News.

Penampilan Wemby memang dinanti. Ini menjadi pertama kalinya ia bermain dengan Timnas Prancis setelah NBA Draft 2023. Wemby, yang menjadi No. 1 NBA Draft 2023 oleh San Antonio Spurs, memutuskan tidak ikut di Piala Dunia FIBA 2023. Ia berjanji akan memberikan yang terbaik di Olimpiade, dimana Prancis menjadi tuan rumah.

Baca juga: Wemby & Batum Mengamuk, Prancis Bungkam Brazil di Paruh Kedua

Dengan bakat dan apa yang telah ditampilkan di musim 2023-2024 serta menjadi Rookie of the Year 2024 secara mutlak pula, publik menaruh ekspektasi yang besar kepada Wemby. Collet melihat hal ini bisa mengganggu mental anak asuhnya.

“Saya merasakan dia sedikit gugup. Di Prancis, semua orang menunggunya. Saya tidak tahu kata apa yang tepat. Tapi semua orang menantikannya. Dia masih 20 tahun. Tapi, orang-orang yang menyukai Spurs tapi tidak tahu basket, menganggap Victor seperti Michael Jordan. Victor masih perlu waktu,” kata Collet.

Prancis sempat tertinggal di kuarter awal dari Brazil. Tuan rumah bangkit di paruh kedua dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 78-66. Wemby memimpin Prancis dengan 19 poin, 9 rebound, 2 asis, dan 4 steal. Hanya dia dan Nicolas Batum (19 poin) dengan dobel digit poin.

Beberapa aksi Wemby di Pierre Mauroy Stadium, Lille itu juga menjadi sorotan. Ada momen dimana Wemby dijaga oleh tiga pemain Prancis saat memasukkan bola ke ring. Mengingatkan kita dengan adegan Michael Jordan di Space Jam.

“Dia belum sejauh itu. Dia masih perlu waktu. Hanya beberapa kata untuk menjelaskan kepada Wemby baha pertandingan pertama bukanlah kompetisi,” lanjut pelatih berusia 61 tahun itu. (rag)

Foto: FIBA

Komentar