Mack Cuban mengunggah tautan tiga tulisannya di akun X. Tulisan di blogmavericks.com tersebut menyoroti tentang pemain NBA dan Olimpiade. Rupanya pemilik saham minoritas serta Presiden Operasi Bola Bakset Dallas Mavericks tersebut tetap berpegang pada keyakinan bahwa pemain NBA tidak boleh mewakili Tim USA di Olimpiade. Karena mereka adalah aset bernilai jutaan dolar tim-tim NBA. 

Tulisan tersebut masing-masing dibuat pada tahun 2004, 2009, dan 2012 yang mengutarakan penentangannya yang keras terhadap pemain NBA di Olimpiade. "Saya selalu menentang pemain NBA bermain di Olimpiade. Kita harus menyelenggarakan World Cup untuk kita sendiri dan memperlakukan Olimpiade seperti sepak bola."

Artikel Cuban pada tahun 2004 memaparkan berbagai poin tentang mengapa NBA berada dalam posisi yang tidak menguntungkan secara finansial dengan mengizinkan pemain papan atas untuk mewakili Tim AS. Ia mengatakan bahwa mereka menyediakan pemain yang dibayar oleh pemilik tim, sehingga merugikan pendapatan iklan untuk tim dan liga, menempatkan pemain pada risiko cedera, dan pada gilirannya merugikan penggemar NBA yang membayar untuk menonton tim dan pemain favorit mereka di arena.

Pada tahun 2009, Cuban mengusulkan agar bola basket di Olimpiade mengambil bentuk yang sama seperti sepak bola di Olimpiade dan menjadi turnamen U-21. Agar tidak memberikan IOC pendapatan miliaran dolar dengan pemain terbaik mereka. 

Cuban pada tahun 2012 melancarkan serangan yang lebih pedas terhadap keuangan IOC, menyerang organisasi tersebut karena tidak membayar para pemainnya dan menyatakan dukungannya terhadap Dwyane Wade, yang saat itu dikritik karena mengatakan bahwa pemain NBA harus dibayar untuk mewakili Tim AS di Olimpiade. 

"Sudah saatnya kita mengikuti jejak para pemimpin Sepak Bola Eropa ini dan meminta para pemain kita untuk hanya bermain untuk perusahaan yang mencari keuntungan yang membayar mereka dan membatasi Olimpiade hanya untuk pemain di bawah usia 21 tahun. Jika Olimpiade dapat menghasilkan miliaran dengan menggunakan pemain di bawah usia 21 tahun, mereka berhak menolak," katanya.

Cuban pasti kesal karena NBA telah mengirimkan skuadnya yang paling menguntungkan secara komersial dalam sejarah ke Olimpiade Paris 2024. Ditambah lagi, ada lebih dari 60 pemain NBA yang bersaing dengan Tim AS yang memiliki lebih dari 500 juta dolar Amerika dalam kontrak NBA aktif. Selain itu, LeBron James, Stephen Curry, dan Kevin Durant bisa dibilang adalah tiga bintang paling laku yang pernah dimiliki olahraga ini dalam 25 tahun terakhir.

Hanya dua pemain Mavericks yang beraksi di Olimpiade Paris 2024, yaitu Dante Exum mewakili Australia, dan Dwight Powell di tim Kanada. Exum mengalami cedera dan belum bisa membela tim Australia. Seperti apa yang dikhawatirkan oleh Cuban. (*)

Foto: The Cold Wire

Komentar