Satria Muda Pertamina Jakarta memastikan satu tempat di Final IBL 2024. Tiket ini mereka dapatkan setelah mengalahkan Dewa United Banten 92-85 di Gim 2 semifinal, Sabtu (27/7). Secara keseluruhan, Satria Muda menyapu bersih Dewa United 2-0. Sepanjang pertemuan empat gim musim ini, Satria Muda berhasil mengamankan tiga kemenangan. 

Dewa United tak memulai laga dengan baik. Mereka sempat di belakang Satria Muda sejauh 12 poin sebelum akhirnya terpangkas tipis menjadi 10 poin menunju jeda antarbabak. Dewa United lantas menyala di kuarter tiga dengan laju (31-16). 

Sayangnya, momentum tak bertahan untuk Dewa United. Satria Muda membalikkan situasi utamanya lewat duet Abraham Grahita dan Antoni Erga yang diikuti oleh Reynaldo Garcia. Ketiganya membawa Satria Muda melaju (27-15) untuk memastikan final ketiga mereka dalam empat musim terakhir. 

"Tidak ada yang menyangka kami bisa sampai di sini, utamanya setelah kami kalah tujuh kali di tengah musim," buka Abraham usai gim. "Saya apresiasi manajemen yang bekerja keras membentuk skuad terbaik untuk bersaing dan sampai final. Pertarungan yang luar biasa dengan Dewa United, senang kami bisa memenangkan pertandingan dan ke final," imbuhnya. 

Reynaldo menutup gim dengan 28 poin, 9 rebound, 7 asis, dan 5 steal. Abraham membantu dengan 16 poin dari 6/12 tembakan, termasuk 4/9 tripoin. Artem Pustovyi 15 poin dan 7 rebound sedangkan Erga 14 poin dari tembakan sempurna (3/3) yang seluruhnya tripoin. 

Dari Dewa United, Jordan Adams memimpin tim dengan 25 poin, 8 rebound, 8 asis. Jordan mencetak 19 dari keseluruhan poinnya di paruh kedua. Adamns memasukkan 10/19 tembakan. Lester Prosper mengikuti dengan 21 poin dan 5 rebound. Kaleb Gemilang 13 poin, sedangkan Tavario Miller dobel-dobel 10 poin, 10 rebound, plus 5 asis. 

"Selamat untuk Satria Muda atas kemenangannya," buka Kaleb setelah laga. "Menghadapi tim seperti Satria Muda ini kita tidak bisa membuat kesalahan-kesalahan kecil terlalu banyak. Ini yang membuat kita kalah di seri ini. Secara keseluruhan kami ini adalah tim yang masih baru. Kami punya semuanya kecuali mental. Itu yang akan terus kami perbaiki ke depannya," pungkas MVP IBL musim lalu ini. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar