Munculnya Tim AS untuk Olimpiade Paris 2024 menimbulkan perdebatan. Khususnya tentang perbandingan antara tim yang dipimpin LeBron James tahun ini, dengan "The Dream Team" pada Olimpiade 1992 yang dipimpin oleh Michael Jordan. Dari sisi lawan, Tim AS tahun 1992 hanya bertemu 13 pemain NBA sepanjang kompetisi. Sekarang, ada sekitar 30 pemain NBA non-Amerika yang berkompetisi di Olimpiade Paris. 

The Dream Team 1992 meninggalkan catatan emas dalam dunia olahraga. Mereka begitu dominan dengan mencetak lebih dari 100 poin dalam setiap pertandingan, menang dengan selisih rata-rata 44 poin, dan tidak pernah meminta time-out sama sekali. Dalam delapan pertandingan hingga meraih medali emas, Tim AS 1992 menghadapi 13 pemain NBA non-Amerika. 

Angka terakhir inilah yang memicu perdebatan. Karena Tim AS yang akan tampil di Olimpiade Paris 2024, sudah berhadapan dengan 22 pemain NBA non-Amerika dalam lima pertandingan uji coba. Para pengamat sekarang berdebat tentang siapa yang lebih hebat. 

Pada Olimpiade 1992, Tim AS mengawali turnamen dengan menghadapi Angola, yang tidak memiliki bintang NBA. Mereka begitu kagum dengan Tim AS, sehingga Tim Angola meminta foto terlebih dahulu sebelum bertanding. 

Pertandingan kedua mereka di Grup A adalah melawan Kroasia, yang juga mereka temui di pertandingan terakhir untuk memperebutkan medali emas. Tim Kroasia memiliki lima pemain NBA dalam daftar pemain mereka. Drazen Petrovic, Toni Kukoc, Zan Tabak, Stojko Vrankovic, dan Dino Radja. Semuanya ditutunkan melawan Tim AS dalam dua pertandingan di Olimpiade 1992. 

Pertandingan ketiga melawan Jerman, di mana Tim AS menghadapi duet bintang NBA, Uwe Blab dan Detlef Schrempf. Lalu penyisihan grup terakhir Tim AS adalah melawan Brasil di mana duo NBA Joao Vianna dan Rolando Ferreira tampil. Lawan berikutnya adalah negara tuan rumah Spanyol, yang tidak memiliki pemain NBA. Sementara musuh di perempat final Puerto Riko memiliki dua pemain NBA, Jose Ortiz dan Ramon Rivas. Tim AS bertemu Lithuania di semi-final, yang juga memiliki pemain NBA, Arvydas Sabonis dan Sarunas Marciulionis.

Kembali ke Tim AS pada Olimpiade Paris 2024. Mereka akan mulai bertanding besok. Namun sebelum tampil di pertandingan resmi, Tim AS sudah berhadapan dengan 22 pemain NBA non-Amerika dalam lima pertandingan uji coba. Di mana LeBron James dan kawan-kawan menang 5-0. 

Di Olimpiade Paris 2024, ada sekitar 30 pemain NBA yang akan tampil. Diantaranya ada Victor Wembanyama, Giannis Antetokounmpo, Rudy Gobert, Dennis Schroder, Jamal Murray, Shai Gileous Alexander, Rui Hachimura, hingga Nikola Jokic. Menurut data NBA, musim ini ada sekitar 125 pemain internasional dari 40 negara berbeda. Sementara lima pemenang MVP terakhir dari luar Amerika Serikat, termasuk Joel Embiid yang lahir di Kamerun. Dia menjadi warga negara AS pada tahun 2022. (*)

Foto: Olympics.com

Komentar