Nike meluncurkan prototipe sepatu untuk bintang muda San Antonio Spurs Victor Wembanyama, pekan ini. Peluncurannya dilakukan di Paris, jelang pembukaan Olimpiade 2024, di mana Wembanyama juga menjadi bagian dari tim Prancis. Bukannya dapat sambutan positif, justru sepatu tersebut banjir hujatan di media sosial. 

Wembanyama menandatangani kesepakatan dukungannya dengan Nike saat ia masih bermain dengan tim Metropolitans 92 Prancis pada tahun 2023. Kesepakatan tersebut kabarnya bernilai lebih dari 100 juta dolar Amerika. Dikenal karena keterampilannya yang luar biasa di lapangan basket dan daya jualnya yang tak terbantahkan, Wembanyama telah menjadi sosok yang didambakan untuk dukungan perusahaan, dan Nike telah memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. 

Wembanyama menuai sukses pada musim debutnya di NBA. Begitu juga dengan sepatu Nike GT Hustle 2, yang laris manis di pasaran karena dipakai oleh Wembanyama sepanjang musim 2023-2024. Akhirnya Nike mulai memperkenalkan produk kolaborasi terbaru dengan Wembanyama, untuk menyusul kesuksesan Nike GT Hustle 2. 

Namun, setelah peluncuran prototipe sepatu baru Wembanyama, beberapa penggemar daring mengeluh bahwa sepatu putih tanpa tali dengan alas oranye tersebut lebih menyerupai sandal, daripada alas kaki yang siap dipakai di lapangan basket. 

Netizen menyuarakan pendapat mereka tentang desain dan kepraktisan sepatu tersebut. Mereka bereaksi terhadap unggahan Nike di akun X yang menampilkan prototipe sepatu Nike. Seorang penggemar menyebutnya sebagai sepatu yang akan membuat pemain lebih rentan cedera. Penggemar lain melanjutkan dengan menyerukan agar Nike tersebut meningkatkan kualitas desain. Namun, dari apa yang terlihat setelah menonton klip yang baru-baru ini muncul, sol sepatu tersebut terlihat agak tinggi. Dan lebih mirip sepatu basket, sepatu itu lebih mirip sepatu bola.

Sementara itu, kolumnis olahraga Dailey Caller Andrew Powell menggambarkan sepatu tersebut dalam editorial sebagai desain yang jelek. "Ini sangat mengecewakan, mengingat pemasaran luar biasa yang dilakukan untuk memulai kemitraan Nike x Victor Wembanyama," tulis Powell.

Namun, mungkin ada alasan untuk desain yang aneh itu. Prototipe sepatu Wemby terinspirasi oleh kecintaan Rookie of the Year terhadap fiksi ilmiah, menurut reporter NBA Washington Post Ben Golliver. Wembanyama juga dilaporkan meminta desain yang tidak terlalu mencolok, karena pemain Spurs itu suka berjalan tanpa alas kaki. (*)

Foto: SneakerNews

Komentar